Implementasi Kawasan Perizinan Berusaha, Pemkot Kendari Minta Pelaku Usaha Ikut Standar Pelayanan Kefarmasian

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 31 Oktober 2023
0 dilihat
Implementasi Kawasan Perizinan Berusaha, Pemkot Kendari Minta Pelaku Usaha Ikut Standar Pelayanan Kefarmasian
Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan, dalam berusaha, setiap pelaku usaha harus sesuai dengan SOP-nya masing-masing. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Kendari, menggelar sosialisasi implementasi pengawasan perizinan berusaha berbasis risiko dan Permenkes No 73 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Kendari, menggelar sosialisasi implementasi pengawasan perizinan berusaha berbasis risiko dan Permenkes No 73 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek.

Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan, dalam berusaha, setiap pelaku usaha harus sesuai dengan SOP-nya masing-masing.

Ia menyebut, banyak pelaku usaha yang berbenturan dengan instrumen pemerintahan, sehingga hal tersebut dapat menghambat administrasi dalam membentuk suatu usaha atau standar pelayanan kefarmasian di sebuah apotek.

Baca Juga: El Nino Melanda, Waspada Penyakit Ini

"Makanya ketika usaha itu sudah lama, dilakukan analisis biaya termasuk faktor-faktor eksternalnya yang mempengaruhi itu, banyak pelaku usaha yang berbenturan dengan instrumen pemerintah sehingga itu yang menghambat kita," jelasnya, Selasa (31/10/2023).

Dalam penentuan tempat strategis usaha, harus melihat kawasan yang memang penataan ruangnya sudah diatur oleh Pemkot Kendari.

Sementara itu, Kepala DPM PTSP Kendari, Maman Firman Syah menuturkan, orang-orang yang datang berinvestasi di Kota Kendari tak ragu lagi, karena Kota Kendari sendiri memiliki potensi yang sangat strategis.

"Kenapa strategis? Rumah sakit di mana-mana ada, RS Jantung belum lagi RS Aliyah sekarang yang memiliki cabang di beberapa tempat," paparnya.

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa dan Masyarakat Wawonii Tuntut PT GKP Beroperasi Kembali

Ia menambahkan yang namanya kesehatan, orang-orang pasti berlomba untuk menjaganya, karena tak ada seorangpun yang ingin mengalami sakit.

"Mungkin teman-teman perlu mencari tempat yang pas untuk melakukan usaha," tutupnya.

Kegiatan itu dilaksanakan di Hotel Zahra yang pesertanya berasal dari berbagai apoteker yang ada di Kota Kendari. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga