Ini 4 Gejala Kolesterol Tinggi, Selalu Waspada

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 02 Maret 2023
0 dilihat
Ini 4 Gejala Kolesterol Tinggi, Selalu Waspada
Tanda kolesterol tinggi perlu dikenali agar tubuh terhindar dari komplikasi berbahaya. Foto: Repro google.com

" Salah satu kondisi kesehatan yang seringkali dialami sebagian orang adalah kolesterol tinggi. Maka penting mengetahui gejalanya "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kondisi kesehatan yang seringkali dialami sebagian orang adalah kolesterol tinggi. Maka penting mengetahui gejalanya.

Pada umumnya, dikutip dari kompas.com, kolesterol tinggi merupakan kondisi ketika kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal.

Dalam keadaan normal, kolesterol sebetulnya diperlukan oleh tubuh supaya tubuh bisa berfungsi secara normal.

Tapi, kadar kolesterol jahat (LDL) yang berlebihan di dalam tubuh akan meningkatkan risiko terkena serangan jantung mendadak, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: 4 Jenis Minuman Ini Bisa Usir Rasa Kantuk saat Bekerja

Sering kali, kondisi ini tidak disadari oleh penderitanya. Padahal, tanda kolesterol tinggi perlu dikenali agar tubuh terhindar dari komplikasi berbahaya.

Melansir yoursay.id yang merangkum dari Halodoc.com dan Alodokter.com, berikut beberapa kondisi yang harus diwaspadai sebagai tanda kolesterol tinggi:

1. Mudah merasa lelah

Gejala yang menunjukKan kolesterol tinggi yaitu mudah merasa lelah walaupun aktivitas tidak banyak. Tingginya kadar kolesterol menimbulkan plak di pembuluh darah yang dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah ke jaringan tubuh, sehingga pengidap kolesterol tinggi cenderung lebih mudah merasa lelah.

2. Timbulnya Xanthoma

Xanthoma adalah suatu kondisi yang ditandai dengan pertumbuhan lemak yang berkembang di bawah kulit yang berbentuk benjolan-benjolan kecil atau papula. Kondisi ini bisa muncul di bagian tubuh mana pun, tetapi lebih sering di persendian, khususnya lutut dan siku.

Timbulnya xanthoma umumnya tidaklah berbahaya, tetapi tumbuhnya xanthoma merupakan gejala dari gangguan kesehatan tertentu misalnya seperti penyakit diabetes atau indikasi kadar kolesterol yang tinggi.

3. Sensasi kesemutan pada kaki dan tangan

Tingginya kadar kolesterol dapat menyebabkan kaki dan tangan kesemutan. Hal itu disebabkan karena tinggi kadar kolesterol dapat membuat darah menjadi lebih kental dan berpengaruh pada aliran darah yang normal pada saraf.

Akibat terganggunya aliran darah ke bagian tubuh tersebut yang dapat menimbulkan kesemutan pada kaki dan tangan.

Baca Juga: 4 Step Skincare Wajib Demi Kulit Tetap Sehat

4. Dada terasa nyeri

Nyeri dada menjadi salah satu gejala tingginya kadar kolesterol. Hal ini disebabkan adanya plak di dinding arteri atau aterosklerosis yang mengakibatkan kurangnya aliran darah melalui arteri, sehingga jantung tidak mendapat pasokan darah yang memadai dan menimbulkan keluhan seperti nyeri dada.

Nah, itulah beberapa gejala yang bakal dialami saat kadar kolesterol tinggi. Jika ini terjadi, bisa ditangani dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Selain i tu, kita juga bisa berkonsultasi dengan dokter agar diberikan penanganan yang tepat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga