Ini 4 Penyebab Seseorang Malas Bekerja

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 18 November 2022
0 dilihat
Ini 4 Penyebab Seseorang Malas Bekerja
Setiap pekerjaan ada tanggapan jawabnya masing-masing. Maka kalau kita malas bekerja, ada pekerjaan yang terbengkalai. Foto: Repro google.com

" Setiap orang seringkali mengalami kondisi malas bekerja. Meski hal wajar, tapi malas kerja ini ternyata ada penyebabnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap orang seringkali mengalami kondisi malas bekerja. Meski hal wajar, tapi malas kerja ini ternyata ada penyebabnya.

Dikutip dari fimela.com, malas bekerja bukan kebiasaan yang baik. Saat bekerja, setiap orang memegang tanggung jawab sesuai dengan profesinya masing-masing.

Olehnya itu, ketika kita menjadi malas bekerja maka itu akan berdampak pada produktivitas bekerja dan tugas-tugas pekerjaan pun terbengkalai.

Maka penting untuk mengetahui apa saja penyebab kita malas bekerja, sehingga kita dapat mengantisipasinya.

Baca Juga: Penemuan Teraneh di Dunia, Mulai dari The Rice Bra hingga Cigarette Pack Holder

Melansir yoursay.id, berikut beberapa penyebab kita malas bekerja:

1. Beban Kerja Terlalu Berat

Setiap jenis pekerjaan pasti memiliki beban tersendiri. Ada yang berat dan ada yang lebih ringan. Hal ini juga dipengaruhi oleh banyak hal. Jika beban kerja terlalu berat untuk kita, maka kita akan cenderung malas mengerjakannya.

Beratnya beban ini bisaa berbeda-beda dirasakan oleh setiap orang walaupun mungkin pekerjaannya sama. Bisa jadi suatu pekerjaan terasa ringan oleh orang lain namun terasa berat bagi kita. Hal ini dipengaruhi oleh kapasitas fisik dan otak yang dimiliki masing-masing.

2. Jenis Pekerjaan Tidak Sesuai Minat

Beratnya pekerjaan juga bisa dipengaruhi oleh minat atau passion kita. Jika pekerjaan memiliki brban yang berat namun kita menyukainya, maka pekerjaan akan terasa ringan.

Kita juga akan senang dan bersemangat saat menjalaninya. Namun jika tidak sesuai dengan minat kita, maka kita akan mudah merasa malas dalam bekerja.

Oleh sebab itu, hendaknya kita selalu mencintai pekerjaan yang kita lakukan. Dengan mencintai pekerjaan, maka kita akan lebih merasa ringan dalam bekerja.

3. Kurang Istirahat

Bekerja tentu menguras energi baik fisik maupun pikiran. Semakin berat dan lama kita bekerja, maka akan semakin lelah juga kita merasakannya. Rasa lelah akibat bekerja ini bisa membuat kita menjadi malas.

Selain karena fisik juga sudah tidak prima, bayangan akan rasa lelah yang akan dirasakan saat bekerja juga akan membuat kita malas untuk memulainya. 

Maka hendaknya kita jangan selalu menghabiskan waktu kita untuk bekerja saja. Jika ada waktu luang, misalnya waktu istirahat atau di luar jam kerja, manfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat. Jika perlu, sesekali ambil cuti atau ijin untuk kita beristirahat.

Baca Juga: Deretan Wanita Cantik Pendatang Baru Film Porno Jepang, Nomor 2 Suaranya Berisik

4. Tidak Ada Penyemangat

Agar kita bisa bersemangat dalam segala hal, maka kita membutuhkan penyemangat atau motivator. Penyemangat ini bentuknya bisa beragam, mulai dari keluarga dan pasangan yang selalu mendukung, bahkan bisa juga berupa bonus atau insentif jika mampu mendapat hasil kerja yang maksimal.

Sebaliknya, jika kita tidak memiliki motivasi atau penyemangat, maka wajar saja jika kita selalu merasa malas dalam bekerja.

Oleh sebab itu, hendaknya kita bisa menemukan sesuatu yang bisa menyemangati kita. Karena hanya diri kita sendiri yang tahu hal apa yang bisa memotivasi kita untuk bekerja lebih giat.

Nah, itulah beberapa penyebab atau alasan mengapa kita menjadi malas bekerja. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga