Ini 5 Fitur Baru Android Segera Hadir di Akhir 2020

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Senin, 07 Desember 2020
0 dilihat
Ini 5 Fitur Baru Android Segera Hadir di Akhir 2020
Google berencana merilis lima fitur baru Android dalam beberapa minggu mendatang. Foto: Repro Reuters

" Tab Go akan mulai diluncurkan ke perangkat Android dan iOS dalam beberapa minggu mendatang. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Google berencana merilis lima fitur baru Android dalam beberapa minggu mendatang.

Kelima fitur Android yang dimaksud adalah penyempurnaan pada navigasi Peta, emoji Gboard, Voice Access, audiobook Google Play, dan Nearby Share file sharing.

Dikutip dari The Verge, Senin (7/12/2020), Google juga menyediakan Android Auto di 36 negara pasarnya.

Berikut adalah 5 fitur baru yang akan hadir di Android dalam beberapa minggu mendatang.

1. Google Maps

Google bakal menghadirkan sebuah tab Go pada Maps. Tap Go ini memungkinkan pengguna untuk menavigasikan ke tempat favorit dengan cepat, tanpa memasukkan alamat.

Pengguna hanya perlu menyematkan tujuan mengemudi, entah ke kantor atau sekolah. Kemudian, tab Go akan menampilkan petunjuk arah, potensi gangguan lalu lintas, dan perkiraan waktu kedatangan.

Pengguna juga akan bisa memasang pin pada rute transportasi umum favorit untuk melihat waktu keberangkatan dan kedatangan, serta hambatan apapun yang mungkin ada.

"Tab Go akan mulai diluncurkan ke perangkat Android dan iOS dalam beberapa minggu mendatang," kata pihak Google.

Baca juga: Tanda-tanda Menopause pada Wanita, Ketahui Gejalanya

2. Emoji di Gboard

Google memperluas stiker emoji di Gboard. Dari yang mulanya sekitar ratusan menjadi lebih dari 14.000 stiker emoji.

Fitur yang bernama Emoji Kitchen ini memungkinkan pengguna untuk mengetuk dua emoji secara bersamaan dan membuatnya jadi emoji baru, hasil kombinasi dari kedua emoji.

Fitur ini sudah tersedia di Gboard beta. Google mengatakan, fitur Emoji Kitchen yang baru ini akan tersedia untuk perangkat dengan Android 6.0 ke atas dalam beberapa minggu yang akan datang.

3. Audiobook di Play Store

Google juga menghadirkan perubahan yang dapat menghasilkan lebih banyak audiobook di Play Store. Menurut Google, pihaknya menyediakan alat narator baru yang dibuat otomatis untuk penerbit di AS dan Inggris.

Kini, alat narator ini masih dalam versi beta dan akan tersedia untuk semua penerbit di awal 2021.

Dengan alat narator ini, Google akan membacakan buku yang dipilih pengguna.

Baca juga: Nagih Hutang ke Vicky Prasetyo, Vivi Paris Malah Dipolisikan

4. Voice Access

Selanjutnya Google menghadirkan navigasi Voice Access yang telah disempurnakan. Fitur ini sebelumnya telah tersediadi Android 11 dan dengan pembaruan ini, Voice Access akan hadir di semua perangkat yang menjalankan Android 6.0 ke atas.

Voice Access bekerja dengan bantuan machine learning, memungkinkan elemen UI seperti tombol dan label lebih mudah diatur dengan perintah suara.

5. Nearby Share

Fungsionalitas fitur berbagi file Nearby Share akan segera mendukung pengiriman langsung aplikasi-aplikasi yang ada di Play Store kepada pengguna Android yang ada di dekatnya.

Aplikasi-aplikasi ini bisa dibagikan melalui metode apapun yang ada di kedua ponsel Android, tergantung mana yang paling cepat. Pengiriman bisa melalui Bluetooth, Bluetooh Low Energy, WebRTC, ataupun peer-to-peer WiFi.

Untuk membagikan sebuah aplikasi dari Google Play, pengguna hanya perlu menuju ke menu "Share Apps" yang ada di dalam "Manage Apps & Games" kemudian memilih aplikasi apa yang ingin dibagikan. Penerima harus setuju untuk menerima file yang dibagikan.

Google juga akan menggulirkan fitur Nearby Share ini dalam beberapa minggu mendatang. (C)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga