Ini Alasan Air Laut Terlihat Berwarna Biru

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 06 Juni 2023
0 dilihat
Ini Alasan Air Laut Terlihat Berwarna Biru
Sebenarnya air laut tidak selalu terlihat biru. Kadang-kadang justru tampak lebih biru dari pada di waktu lain. Misalnya, laut yang lebih dalam airnya. Foto: Kumparan.com

" Banyak orang berspekulasi atau meyakini bahwa lautan berwarna biru karena pantulan dari langit. Padahal hal tersebut tidaklah benar "

KENDARI, TELISIK.ID - Banyak orang berspekulasi atau meyakini bahwa lautan berwarna biru karena pantulan dari langit. Padahal hal tersebut tidaklah benar.

Mengutip dari Okezone.com, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), lautan berwarna biru karena cara menyerap sinar matahari.

NOAA menjelaskan, ketika sinar matahari mengenai lautan, air dengan kuat menyerap warna dengan gelombang panjang di ujung warna merah spektrum cahaya, serta cahaya dengan panjang gelombang pendek.

Baca Juga: Kehidupan Unik Suku Bajo di Pulau Wangi-Wangi Wakatobi

Ini termasuk warna ungu dan ultraviolet. Dan NOAA menyebut sisa cahaya yang kita lihat sebagian besar terdiri dari panjang gelombang berwarna biru.

Namun, NOAA mencatat lautan dapat mengambil rona lain, termasuk merah dan hijau, jika cahaya memantul dari benda yang mengambang di dekat permukaan air, seperti sedimen dan ganggang.

Seberapa biru air laut tergantung pada seberapa banyak perairan yang ada untuk menyerap cahaya. Itu artinya semakin dalam lautan, tentunya juga akan semakin biru warna airnya.

Dikutip dari Detik.com, Hal ini karena, semakin banyak air, semakin banyak cahaya yang diserap. Itu sebabnya perairan laut dalam mungkin tampak biru tua gelap.

Kondisi lain bisa juga berwarna biru muda atau hijau yakni di perairan dangkal yang lebih dekat ke pantai. Warna-warna ini mungkin hasil dari pantulan cahaya yang memantul dari dasar laut, sedimen mengambang, atau kehidupan tanaman, seperti ganggang dan fitoplankton.

Sementara itu, jika diperhatikan lagi badan air lain, seperti sungai dan kolam, bisa tampak berwarna selain biru. Beberapa sungai, misalnya, mungkin tampak berwarna cokelat keruh dari pada biru yang indah.

Warna coklat pada beberapa badan air sering kali disebabkan oleh adanya sedimen di dalam air, terutama setelah air diaduk oleh badai atau hujan lebat.

Perairan bisa sangat jernih oleh beberapa hal. Contohnya, melihat kondisi perairan Karibia yang sebening kristal, yang biasanya berwarna hijau muda daripada jernih.

Baca Juga: Marabou Stork Bangau Pemakan Bangkai dengan Bentuk Tubuh Unik

Perairan Karibia dipercaya sangat jernih karena lebih bersih dan mengandung lebih sedikit polusi. Namun, warna-warna tersebut lebih mungkin disebabkan oleh karakteristik khusus dari badan air yang bersangkutan.

Selain itu, kehidupan tanaman yang ada di banyak perairan Karibia dapat berkontribusi pada lebih banyak cahaya hijau yang dipantulkan kembali.

Beberapa perairan Karibia yang sangat indah juga cenderung lebih dangkal. Komposisi dasar laut yang mengandung karang juga turut memengaruhi kejernihan perairannya. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga