Ini Deretan Negara Pengguna Tiktok Terbesar, Indonesia Masuk

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 08 Februari 2023
0 dilihat
Ini Deretan Negara Pengguna Tiktok Terbesar, Indonesia Masuk
Tiktok menjadi salah satu sosial media yang banyak digunakan di dunia, salah satunya di Indonesia. Foto: Wired.com

" Tiktok menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digemari saat ini. Di platform tersebut, Telisikers bisa membuat dan menonton konten-konten video pendek yang dibuat penggunanya "

JAKARTA, TELISIK.ID - Tiktok menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digemari saat ini. Di platform tersebut, Telisikers bisa membuat dan menonton konten-konten video pendek yang dibuat penggunanya.

Dilansir dari Databooks.katadata.id, menurut data yang dihimpun Statista, Indonesia merupakan negara dengan pengguna TikTok terbesar kedua di dunia. Jumlah penggunanya mencapai 99,07 juta pada April 2022, satu peringkat di bawah Amerika Serikat yang memiliki 136,42 juta pengguna.

Negara dengan pengguna TikTok terbesar lainnya adalah Brasil dengan 73,58 juta pengguna. Diikuti Meksiko 50,52 juta, Vietnam 45,82 juta, Filipina 40,36 juta, Thailand 38,38 juta, Turki 28,68 juta, serta Pakistan 24,05 juta pengguna.

Baca Juga: Ayu Aulia Buka-Bukaan Soal Seks: Tak Suka Pakai Kondom Hingga Ungkap Titik Sensitif

TikTok didirikan oleh Zhang Yiming dan diluncurkan pada September 2016. Zhang Yiming juga merupakan pendiri perusahaan teknologi Bytedance.

Sebelumnya, aplikasi TikTok sempat dilarang oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Juli 2018 karena konten-konten di dalamnya dianggap tidak mendidik. Namun, larangan itu kemudian dicabut dan TikTok kian populer di Indonesia sampai saat ini.

Dikutip dari Kompas.com, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Benni Setiawan menjelaskan, ada beberapa hal yang menyebabkan pengguna TikTok Indonesia banyak.

"Pengguna TikTok di Indonesia tentu tidak lepas dari besarnya jumlah penduduk dan pengguna smartphone di negeri ini," ujarnya, Kamis (19/1/2023).

TikTok tak hanya memberi kemudahan dan populer di kalangan masyarakat, tetapi juga membantu pedagang.

"TikTok populer karena durasi yang relatif pendek plus masyarakat juga ingin informasi yang cepat dan ringkas," kata dia.

"Kepopuleran TikTok juga didukung oleh para pedagang yang menjajakan barang dagangan via aplikasi ini. Bahkan jualan buku cetak saja bisa laku ribuan melalui live TikTok," sambungnya.

Baca Juga: 7 Minuman Peningkat Gairah Seks Pria Agar Ranjang Lebih Panas

Ada beberapa hal yang membuat TikTok sebagai media sosial yang bersifat unik. TikTok menggabungkan audio visual, audio dan kecanggihan, sehingga orang mudah mengaksesnya.

Aplikasi media sosial terbesar ini memang memiliki kekuatan penetrasi media yang besar.

"Tiktok itu unik, uniknya TikTok hari ini mempunyai kekuatan penetrasi media yang besar, karena penetrasi yang besar itu dalam kajian media kemudian membuat orang akan menjadikan sumber informasi, bahkan sumber berita. Karena kemampuan audio visual dan kecanggihan," pungkasnya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga