adplus-dvertising

Ini Dia Tanda Wanita Mandul yang Perlu Diketahui

Sasmiraza, telisik indonesia
Kamis, 18 November 2021
1136 dilihat
Ini Dia Tanda Wanita Mandul yang Perlu Diketahui
Ilustrasi wanita yang belum berhasil memiliki anak. Foto: Repro sehatq.com

" Wanita atau pria yang 'tidak bisa punya anak' biasanya dikenal dengan istilah mandul "

KENDARI, TELISIK.ID - Wanita atau pria yang 'tidak bisa punya anak' biasanya dikenal dengan istilah mandul.

Begitu juga dengan wanita atau pria yang memiliki masalah kesuburan, sehingga sulit untuk punya anak.

Mengutip merdeka.com, kemandulan dalam istilah medis disebut dengan infertilitas yang merupakan suatu kondisi di mana pasangan suami istri belum mampu memiliki anak.


Meskipun mereka telah melakukan hubungan seksual sebanyak 2-3 kali seminggu dalam kurun waktu 1 tahun tanpa menggunakan alat kontrasepsi jenis apa pun dan atau pun oleh tim medis sudah terbukti akan ketidakmampuan itu.

Kemandulan sebenarnya tak hanya terjadi pada wanita saja tetapi juga pada pria. Hal ini berkaitan dengan kesehatan reproduksi di mana kesehatan reproduksi merupakan keadaan sehat secara fisik, mental dan sosial secara utuh, tidak semata-mata bebas dari penyakit atau kecacatan yang berkaitan dengan sistem, fungsi dan proses reproduksi pada laki-laki dan perempuan.

Oleh karena itu, kamu wajib mengenali beberapa tanda perempuan mandul begitu juga wanita yang memiliki masalah kesuburan berikut ini yang dilansir dari kumparan.com:

Baca Juga: Cenderamata Karya Difabel Tembus Ajang Miss World 2021

1. Sakit saat berhubungan seks

Nyeri saat berhubungan seks atau dispareunia, bisa jadi salah satu penyebab yang memengaruhi kesuburan wanita. Biasanya hal ini karena infeksi, endometriosis, dan juga fibroid.

2. Haid tidak teratur

Siklus haid rata-rata wanita adalah 28 hari, tetapi jika lebih lama pun dianggap normal selama siklus haid teratur. Misalnya bulan ini siklus haid Anda 30 hari, bulan berikutnya 33 hari, dan bulan berikutnya lagi 35 hari, ini masih dianggap normal.

Tetapi jika siklus haid bervariasi dan Anda tidak dapat memperkirakan kapan menstruasi akan tiba, maka Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur.

Healthline melansir, ini bisa karena hormon, atau sindrom ovarium polikistik (PCOS). Kedua hal tersebut dapat menyebabkan masalah kesuburan.

3. Menstruasi yang menyakitkan atau berat

Volume atau aliran haid setiap wanita memang berbeda, ada yang ringan, ada juga yang mengalami periode berat dan kram yang menyakitkan. Jika Anda mengalami menstruasi yang sangat berat dan menyakitkan, mungkin ini karena endometriosis.

Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan yang biasanya ditemukan di dalam rahim ada di tempat lain di tubuh. Ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan masalah kesuburan.

4. Darah haid berwarna gelap atau pucat

Jika darah haid Anda terlihat lebih pucat dari biasanya, hal ini perlu jadi perhatian. Sebab darah haid biasanya berwarna merah terang di awal periode dan mungkin jadi lebih gelap di hari-hari berikutnya.

Kemudian seperti dikutip dari Medical News Today, jika darah yang keluar sangat gelap dan tua di awal menstruasi, ini bisa jadi tanda endometriosis. Sehingga, segera periksa ke dokter jika Anda mengalaminya.

Baca Juga: Yuk, Intip Daftar Lengkap Pemenang AMI Awards 2021

5. Tidak haid

Anda mungkin pernah beberapa kali tidak haid karena berbagai faktor, seperti stres atau olahraga berat. Jika penyebabnya karena stres atau olahraga, biasanya haid tidak datang sementara.

Namun, jika belum haid selama berbulan-bulan, maka bisa jadi ada masalah kesuburan. (C)

Reporter: Sasmiraza

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga