Ini Hewan Tertua di Dunia Berumur Ratusan Tahun

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 06 Desember 2022
0 dilihat
Ini Hewan Tertua di Dunia Berumur Ratusan Tahun
Kura-kura besar Seychelles ini memiliki nama ilmiah Aldabrachelys gigantea hololissa, sebelumnya sudah memegang rekor Guiness World Record sebagai hewan darat tertua. Foto: Repro Detik.com

" Jonathan si kura-kura tertua di dunia merayakan pesta ulang tahun ke-190 tahun di awal Desember 2022 "

ST HELENA, TELISIK.ID - Mungkin kita akan menebak-nebak apakah masih ada hewan yang usianya puluhan tahun, bahkan ratusan tahun. Ataukah kita beranggapan di dunia ini sudah tak ada lagi hewan yang usianya setua itu.

Melansir Yoursay.id, baru-baru ini seekor kura-kura bernama Jonathan merayakan ulang tahunnya yang ke-190 tahun. Jonathan merupakan kura-kura darat yang masuk ke dalam genus Aldabrachelys dengan nama trinomial Aldabrachelys gigantea hololissa yang diperkirakan lahir pada 1832.

Dikutip dari Suaramerdeka.com, diperkirakan menetas pada 1832, Jonathan si kura-kura tertua di dunia merayakan pesta ulang tahun ke-190 tahun di awal Desember 2022.

Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-190, penduduk di sekitar pulau St Helena Samudera Atlantik Selatan di mana Jonathan tinggal, bahkan mengadakan pesta untuknya selama 3 hari berturut-turut.

Baca Juga: Catat, Ini 10 Pelanggaran yang Dapat Direkam ETLE

Baca Juga: Pentingnya Cegah Perundungan pada Satuan Pendidikan

Dilansir dari Cnnindonesia.com, menurut Kepala Pariwisata di St. Helena, Matt Joshua, Jonathan si kura-kura sebenarnya bisa saja berusia 200 tahun. Menurut Guinness World Records, Jonathan juga merupakan kura-kura tertua, sebuah kategori yang mencakup semua kura-kura dan terrapin.

Chelonian tertua sebelumnya adalah Tu'i Malila, kura-kura yang hidup setidaknya 188 tahun. Kura-kura Tu'i Malila itu dipersembahkan kepada keluarga Kerajaan Tonga oleh penjelajah Inggris Kapten James Cook sekitar tahun 1777. Tu'i Malila akhirnya mati pada tahun 1965. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga