adplus-dvertising

Ini Makanan Terbaik Bikin Panjang Umur, Apa Saja?

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 15 Februari 2022
1249 dilihat
Ini Makanan Terbaik Bikin Panjang Umur, Apa Saja?
Makanan terbaik yang buat umur panjang. Foto: Fibfit.co

" Faktor genetika mungkin memainkan peran penting untuk umur yang panjang tetapi kebiasaan makan sehat ternyata juga tidak kalah menentukan "

KENDARI, TELISIK.ID - Hampir setiap ulang tahun kita berdoa untuk panjang umur dan pada kenyataannya ada juga orang yang berumur 100 tahun bahkan lebih. Apa rahasia orang yang bisa berumur panjang?

Faktor genetika mungkin memainkan peran penting untuk umur yang panjang tetapi kebiasaan makan sehat ternyata juga tidak kalah menentukan.

Berikut Telisik.id merangkum makanan terbaik agar panjang umur dilansir dari berbagai sumber.


1. Makan banyak sayur

Melansir Halosehat.com, Makan lebih banyak kale, sawi hijau, rapini, bok choy, lobak Swiss, kailan, dan tentu saja, brokoli serta bayam. Ini adalah kelompok sayuran berdaun hijau yang paling padat gizi dan penuh serat yang bisa menunjang impian Anda memiliki umur panjang.

Manfaat memperpanjang hidup ini bahkan ditemukan pula pada kelompok orang yang hampir menemui ajal. Sebuah studi dari Vanderbilt University menemukan bahwa penderita kanker payudara di Shanghai yang makan lebih sayuran lobak, kubis, brokoli, dan bok choy mengalami penurunan risiko yang cukup besar dari kematian atau kekambuhan kanker selama masa studi.

2. Ikan

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam ikan yang disebut karotenoid dapat melindungi Anda terhadap sejumlah penyakit saraf. Pastikan untuk makan ikan dua sampai tiga kali seminggu. Usahakan untuk selingi salah satunya dengan ikan berlemak seperti salmon, tuna, sarden, atau mackerel, untuk memperoleh asupan asam lemak omega-3.

Baca Juga: Yuk, Kenali 5 Pulau Terbesar di Indonesia yang Perlu Anda Tahu

3. Gandum utuh

Beberapa penelitian mengaitkan konsumsi serat dari produk gandum utuh seperti pasta, roti, oatmeal, dan kue-kue panggangan lainnya dengan peluang umur panjang yang lebih besar. Diet tinggi serat dapat menurunkan risiko kematian akibat penyebab apapun, kata peneliti dari National Cancer Institute.

Menurut sebuah studi di JAMA Internal Medicine, setiap tambahan 1 ons porsi biji-bijian utuh yang Anda makan menurunkan risiko kematian hingga 5 persen dan 9 persen peluang yang lebih rendah dari kematian akibat masalah jantung. Jadi, carilah produk roti-rotian yang mengandung 100% biji gandum.

4. Buah-buahan

Melansir Kompas.com, buah-buahan adalah bahan makanan terbaik selanjutnya yang dapat memberi umur panjang.

Baca Juga: Ingin Cetak Sertifikat Vaksin dari Aplikasi PeduliLindungi? Begini Caranya

Sebab, menawarkan manfaat bagi kesehatan yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Stacy Kennedy, ahli diet terdaftar di Wellesley, Massachusetts, Inggris mengatakan vitamin C, potasium dan fitokimia menjadi kandungan baik dalam buah yang berpotensi memberi umur panjang.

5. Makan kacang-kacangan

Orang-orang yang memiliki umur panjang biasanya rajin mengkonsumsi kacang setiap hari.

Sebuah studi 2021 yang diterbitkan di Nutrients menegaskan bahwa mengonsumsi kacang (sebagai bagian dari pola makan nabati) dikaitkan dengan peningkatan kesehatan kardiovaskular, peradangan yang lebih rendah dan membantu meningkatkan sistem kekebalan untuk membantu melawan penyakit. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga