Ini Nasib Korban WNI di Turki Usai Gempa

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 08 Februari 2023
0 dilihat
Ini Nasib Korban WNI di Turki Usai Gempa
Gempa di Turki rupanya dirasakan juga WNI Indonesia yang tinggal di Turki. Ternyata ada beberapa orang warga Indonesia mengalami luka-luka dan sedang dirawat di rumah sakit. Foto: Cnnindonesia.com

" Gempa di Turki rupanya dirasakan juga WNI Indonesia yang tinggal di Turki. Ternyata ada beberapa orang warga Indonesia yang mengalami luka-luka dan sedang dirawat di rumah sakit "

ISTANBUL, TELISIK.ID - Gempa di Turki rupanya dirasakan juga WNI Indonesia yang tinggal di Turki. Ternyata ada beberapa orang warga Indonesia yang mengalami luka-luka dan sedang dirawat di rumah sakit.

"Sejauh ini dari sekitar 500 WNI di sekitar lokasi," pernyataan resmi KBRI Ankara dikutip dari Detik.com

Sejumlah warga Indonesia di Kahramanmaras yang menjadi lokasi pusat gempa di Turki, harus mengungsi karena apartemen mereka rusak parah.

Baca Juga: Korban Gempa Turki Bertambah Jadi 7800 Orang

KBRI Ankara mengatakan pihaknya sedang mengupayakan rumah penampungan sementara bagi warga Indonesia yang terdampak, sambil menunggu penanganan dari otoritas setempat.

Selain itu, korban WNI lainnya yaitu anak perempuan Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta, bernama Nurul Qolbi Muthiah, ikut terdampak gempa Turki.

Anak ketiga dari politis PKS itu tengah menempuh pendidikan di Kota Kayseri. Dia tidak sendirian, ada dua mahasiswa lainnya asal Kota Cilegon yang ikut terdampak.

Musibah itu diunggah oleh Wakil Wali Kota Cilegon dalam akun resmi Instagramnya, @kangsanuji. Dalam video dan foto itu menggambarkan bagaimana kondisi Turki usai diguncang gempa hebat.

Melansir Serambinews.com, sejauh ini sudah 10 orang yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban gempa Turki.

Baca Juga: Termasuk Turki dan Indonesia, Ini 6 Negara Paling Rawan Gempa

Empat dari sepuluh orang WNI korban luka tersebut telah dirawat di rumah sakit, sedangkan enam WNI lainnya sedang dievakuasi oleh pihaknya.

"Jadi empatnya sudah bisa kami rawat di rumah sakit, sementara enamnya sedang kami evakuasi, jadi total ada 10 orang," jelas Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) di Ankara, Turki, Lalu Muhammad Iqbal sebagaimana dikutip dari Kompas TV.

Sementara update terbaru per Selasa (7/2/2023), sudah tembus 5.000 korban meninggal dunia di Turki dan Suriah. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga