Ini Profil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang Aksinya Selalu Viral di Medsos

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 21 Maret 2023
0 dilihat
Ini Profil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang Aksinya Selalu Viral di Medsos
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi yang selalu viral setiap kebijakannya di Kota Surabaya. Banyak menyebut keberhasilan pimpin Surabaya layak diteruskan untuk dua periode. Foto: Ist.

" Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dikenal di kalangan masyarakat Surabaya sebagai wali kota yang suka turun lapangan. Bahkan, wali kota dari PDI Perjuangan itu mewajibkan anak buahnya untuk turun ke bawah. Atas aksinya, wali kota yang dikenal merakyat itu selalu menjadi viral di medsos. Siapakah Eri Cahyadi ini "

SURABAYA, TELISIK.ID - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dikenal di kalangan masyarakat Surabaya sebagai wali kota yang suka turun lapangan. Bahkan, wali kota dari PDI Perjuangan itu mewajibkan anak buahnya untuk turun ke bawah. Atas aksinya, wali kota yang dikenal merakyat itu selalu menjadi viral di medsos. Siapakah Eri Cahyadi ini.

Sebelum menjabat sebagai Wali Kota Surabaya pada 2021, ia menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya (2018-2020). Sebelumnya dia menjadi Kepala Dinas Cipta Kerja Kota Surabaya (2017-2018).

Eri Cahyadi lulus pendidikan vokasional di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) pada tahun 1999 jurusan Teknik Sipil. Lalu, melanjutkan pendidikan tingkat sarjana di Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya dan lulus pada tahun 2001 jurusan Teknik Sipil.  

Baca Juga: Ini Profil Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Menangkan Gugatan Partai Prima

Kemudian dia melanjutkan kuliah pascasarjana di Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan lulus pada tahun 2005 pada jurusan Manajemen Proyek. Selain itu dia mengambil Magister Teknik Sipil di Untag Surabaya, lulus tahun 2008.

Eri yang berpasangan dengan Armuji di Pilwali Surabaya, dilantik Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat 26 Februari 2021. KPU menetapkan Eri Cahyadi sebagai Wali Kota Surabaya setelah unggul perolehan suara melawan pasangan Machfud Arifin-Mujiaman yang diusung koalisi besar berisi delapan partai, yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Partai Demokrat dan Partai Nasdem.

Eri Cahyadi yang diusung PDI Perjuangan dan didukung Partai Solidaritas Indonesia (PSI), meraup suara sebesar 597.540 atau 56,94 persen dari total suara sah Pilkada Surabaya 2020.

Salah satu warga Surabaya, Athoillah mengatakan, Eri Cahyadi merupakan sosok pemimpin layaknya pahlawan yang dapat menjadikan Surabaya sebagai kota percontohan nasional kota-kota lain se-Indonesia.

"Salah satu contoh pelayanan publik di Surabaya dapat terakses dengan mudah sehingga masyarakat langsung bisa merasakan pelayanan yang cepat. Ini bisa dirasakan semua lapisan masyarakat," jelas pria asal Dukuh Kupang Surabaya itu.

Baca Juga: Sosok Michelle Yeoh, Wanita Asia Pertama Raih Aktris Terbaik SAG Awards dan Masuk Nominasi Oscar

Senada dengan Athoillah, warga Surabaya lainnya Mohammad Dayat mengaku, merasakan efek kepemimpinan Eri Cahyadi selama memimpin Kota Surabaya.

"Gaji untuk ketua RT dan ketua RW ditambah dan sangat membantu sekali kinerjanya dalam memberikan pengabdian penuh untuk masyarakat di tingkat bawah," tandasnya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Settyawan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga