Intip Warna Cat Bisa Bantu Konsentrasi Belajar di Kamar

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 07 Juni 2023
0 dilihat
Intip Warna Cat Bisa Bantu Konsentrasi Belajar di Kamar
Warna merah merupakan warna ideal untuk ruang belajar anak remaja yang sering tertidur saat sedang belajar. Hangat dan merangsang, warna merah dapat membantu meningkatkan energi. Foto: Repro Moms.money.id

" Warna biru dianggap mampu merangsang produktivitas sehingga menjadikannya sebagai pilihan ideal untuk ruang belajar anak remaja "

KENDARI, TELISIK.ID - Konsentrasi belajar rupanya turut dipengaruhi oleh pilihan warna cat di dalam kamar. Karena itu, Anda mungkin perlu mempertimbangkan warna cat untuk mendukung konsentrasi belajar.

Dilansir dari Kompas.com, menurut psikologi warna, warna cat tertentu sebenarnya adalah pilihan yang lebih baik untuk ruang di mana belajar atau pekerjaan rumah dilakukan karena cara warna tersebut memengaruhi suasana hati remaja.

Berikut beberapa warna kamar tidur remaja yang bisa membantu meningkatkan fokus belajar

1. Biru

Dengan cool undertone-nya, biru adalah warna menenangkan dan menyejukkan yang sering digunakan di kamar tidur. Tergolong populer, warna biru dianggap mampu merangsang produktivitas sehingga menjadikannya sebagai pilihan ideal untuk ruang belajar anak remaja.

Pilihlah warna biru yang berani alih-alih warna biru pucat seperti langit. Adapun warna biru yang ideal untuk ruang belajar anak remaja yaitu turqoise atau cerulean.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Tips Memilih Warna Cat Rumah

Apabila warna biru favorit anak remaja Anda sangat cerah, Anda tidak perlu lagi mengecat keempat sisi dinding dengan warna tersebut. Sebagai gantinya, buatlah dinding aksen dengan menggunakan warna biru favorit anak hanya pada dinding di belakang meja belajarnya.

2. Hijau

Mengutip Moms.money.id, hijau juga termasuk warna yang sejuk dan menenangkan. Di sisi lain, warna hijau yang tepat dapat membuat ruangan terlihat lebih hidup dan energik untuk membantu konsentrasi.

Di ruang belajar anak remaja Anda, coba aplikasikan warna hijau sage atau hijau lumut untuk membantu anak fokus pada studinya tanpa merasa terintimidasi. Untuk ruangan yang lebih besar atau dinding aksen, warna hijau limau atau hijau kelly merupakan pilihan yang sempurna.

3. Kuning

Kuning adalah warna yang mampu memberikan energi sehingga bisa menjadi pilihan yang baik untuk ruang belajar anak remaja.

Ada banyak warna kuning yang dapat Anda pilih. Cobalah warna kuning mentega untuk memberikan cahaya dan kehangatan pada ruangan tetapi masih cukup lembut untuk mendorong tidur malam yang nyenyak.

Baca Juga: Tanaman Hias yang Cocok untuk Kamar Tidur

Untuk memberikan keteduhan, pilihlah warna kuning dandelion atau warna kuning pisang. Sementara untuk menciptakan tampilan yang benar-benar berani dan segar, warna kuning lemon cocok untuk dipilih karena mampu membuat energi dan fokus anak remaja Anda tetap terjaga saat belajar.

4. Merah

Merah merupakan warna ideal untuk ruang belajar anak remaja yang sering tertidur saat sedang belajar. Hangat dan merangsang, warna merah dapat membantu meningkatkan energi anak remaja bahkan jika ia harus begadang untuk mengerjakan tugas.

Apabila anak remaja Anda terbiasa belajar di kamar tidurnya, pilihlah warna merah yang tepat agar anak tidak terlalu berenergi ketika waktu tidur tiba. Contoh warna merah yang cenderung kalem antara lain merah bata, merah wine, atau merah marun.

Namun, jika anak remaja Anda biasa belajar di ruangan lain selain kamar tidur, Anda bisa menggunakan warna merah yang lebih terang seperti merah tomat atau merah tua. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga