adplus-dvertising

Iriana Jokowi dan Yenny Wahid Berpotensi Masuk Bursa Capres 2024

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 17 November 2021
622 dilihat
Iriana Jokowi dan Yenny Wahid Berpotensi Masuk Bursa Capres 2024
Iriana Jokowi dan Yenny Wahid. Foto: Repro kataberita.id

" Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) punya sejarah dipimpin oleh Presiden dari kalangan wanita "

JAKARTA, TELISIK.ID - Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) punya sejarah dipimpin oleh Presiden dari kalangan wanita.

Wanita tersebut adalah anak dari Soekarno, Megawati Soekrnoputri yang menjadi Presiden perempuan satu-satunya. 

Dari sejarah tersebut, bukan hal yang tidak mungkin bahwa NKRI bakal dipimpin oleh wanita lagi. Beberapa tokoh perempuan pun digadang-gadang memiliki potensi menjadi Presiden. 


Dari hasil survei Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC), menyatakan bahwa sembilan nama tokoh perempuan yang layak maju sebagai capres yang dikutip dari Suara.com - jaringan Telisik.id yang melansir dari Antara, di Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga: Jokowi Lantik 12 Dubes RI untuk Negara Sahabat, Ini Daftarnya

Tokoh perempuan Nahdlatul Ulama (NU) Yenny Wahid menjadi salah seorang figur dari sembilan tokoh perempuan berpotensi maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Selain Yenny Wahid, hasil survei itu memunculkan tokoh perempuan lainnya, yakni Istri Presiden Jokowi, Iriana Jokowi.

Baik Yenny Wahid dan Iriana Jokowi, keduanya bukan pejabat maupun mantan pejabat.

Yenny Wahid yang dalam survei tersebut mempunyai elektabilitas 3,14 persen mampu mengungguli tokoh perempuan lain yang saat ini masih menjabat sebagai Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (1,32 persen).

Elektabilitas putri Presiden ke-4 RI itu hanya kalah dengan para tokoh perempuan yang kini masih menjabat maupun yang pernah menjabat, seperti mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Survei ARSC tersebut melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi. Dengan 60 persen berusia muda di bawah 30 tahun dan usia minimal 17 tahun, survei menggunakan metode multistage random sampling dan dilakukan melalui sambungan telepon. Adapun margin error plus minus 2,9 persen.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menempati urutan teratas dengan elektabilitas 24,21 persen. Menyusul Menteri Sosial Tri Rismaharini 17,66 persen, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 11,07 persen.

Selanjutnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani 10 persen, Puan Maharani 4,01 persen, tokoh perempuan Yenny Wahid 3,14 persen, Megawati Soekarnoputri 2,79 persen, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah 1,32 persen, dan Istri Presiden Joko Widodo, Iriana 1,07 persen.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Mayor Jenderal TNI Suharyanto Sebagai Kepala BNPB

Sementara itu, Yenny hingga kini belum pernah memberikan komentar kemungkinannya menjadi capres di Pilpres 2024.

Mengutip wikipedia.org, Yenny Wahid adalah anak kedua dari pasangan Abdurrahman Wahid dan Sinta Nuriyah. Ia mempunyai seorang kakak, Alisa Wahid dan dua orang adik, Anita Wahid dan Inayah Wahid. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Baca Juga