Israel Nyatakan Perang Besar, Palestina Minta Dukungan Indonesia

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 18 Mei 2021
0 dilihat
Israel Nyatakan Perang Besar, Palestina Minta Dukungan Indonesia
Serangan udara Israel ke Palestina. Foto: Repro AFP

" Kami memohon kepada Pemerintah Indonesia dan semua pendukung Palestina merdeka di negara ini, untuk campur tangan dan mengaktifkan mekanisme hukum internasional dan hukum humaniter internasional, untuk meminta pertanggungjawaban pendudukan Israel atas pelanggaran terus menerus terhadap warga sipil Palestina. "

GAZA, TELISIK, ID - Israel kembali menggelar serangan udara ke sejumlah titik di Jalur Gaza, Palestina, pada Senin (17/5/2021) subuh waktu setempat.

Hal itu terjadi setelah Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyampaikan pidato yang menyatakan mereka kemungkinan akan kembali terlibat peperangan besar dengan kelompok milisi Hamas, Brigade Izzudin Al-Qassam, untuk yang keempat kali.

Dilansir dari Associated Press, suara ledakan terdengar di kawasan utara Jalur Gaza selama sekitar sepuluh menit pada subuh. Menurut laporan jurnalis Gaza, serangan Israel menargetkan sejumlah jalan di kawasan pesisir dan bangunan yang diduga menjadi posko kegiatan Hamas.

Selain itu, beberapa rudal yang dilepaskan jet tempur Israel mendarat di tanah kosong yang diduga di bawahnya terdapat terowongan yang dibangun milisi Hamas. Serangan Israel juga merusak gardu induk yang memasok jaringan listrik ke wilayah selatan Jalur Gaza.

Baca juga: Ini Daftar Negara yang Tidak Mengakui Kemerdekaan Palestina

Baca juga: Ini 2 Fakta di Balik Pembelaan Amerika Serikat Terhadap Israel

Angkatan Bersenjata Israel menyatakan mereka hanya melumpuhkan terowongan yang dibangun oleh Hamas yang diklaim melewati bagian bawah sejumlah bangunan warga sipil di Jalur Gaza.

Kedutaan Besar Palestina di Jakarta meminta dukungan kepada Pemerintah Indonesia untuk mengakhiri kejahatan yang dilakukan Israel. Permintaan itu disampaikan dalam rilis peringatan hari Nakba yang jatuh setiap tanggal 15 Mei.

Hari Nakba merupakan peringatan bangsa Palestina diusir dari tanahnya sendiri oleh Israel.

"Kami memohon kepada Pemerintah Indonesia dan semua pendukung Palestina merdeka di negara ini, untuk campur tangan dan mengaktifkan mekanisme hukum internasional dan hukum humaniter internasional, untuk meminta pertanggungjawaban pendudukan Israel atas pelanggaran terus menerus terhadap warga sipil Palestina," katanya, dilansir dari Cnnindonesia, Selasa (18/5/2021).

Komunitas internasional, lanjut pernyataan itu, harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membantu menghentikan pelanggaran hak asasi manusia dan kejahatan perang yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga