Jatim Waspada Munculnya Virus Corona B117

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 04 Maret 2021
0 dilihat
Jatim Waspada Munculnya Virus Corona B117
Gubernur Jatim, Khofifah. Foto: Ist.

" Sequencing ini sendiri adalah proses mengurutkan RNA Virus untuk mengetahui susunan aslinya. Dengan demikian, bila ada mutasi di Jatim, akan bisa segera dideteksi dan disampaikan ke masyarakat. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah imbau masyarakat, untuk tidak panik atas munculnya mutasi virus Corona B117-UK.

"Saat ini mutasi virus Corona B117 UK sudah masuk ke Indonesia. Untuk itu, Pemprov Jatim dan masyarakat harus lebih waspada karena mutasi virus ini terbukti lebih menular 70 persen dibanding yang saat ini beredar. Masyarakat diharapkan tetap tenang dan tetap disiplin terapkan protokol kesehatan," ungkap mantan Mensos ini saat dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (4/3/2021).

Mantan Mensos ini mengatakan, meski saat ini belum dijumpai di Jatim, namun Pemprov Jatim akan terus berkoordinasi dengan laboratorium yang bisa melakukan sequencing untuk selalu mengirimkan sampel.

“Sequencing ini sendiri adalah proses mengurutkan RNA Virus untuk mengetahui susunan aslinya. Dengan demikian, bila ada mutasi di Jatim, akan bisa segera dideteksi dan disampaikan ke masyarakat,” sambungnya.

Baca juga: DPRD Umumkan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi, Arhawi dan Ilmiati Tak Hadir

Lebih lanjut kata Khofifah, berdasarkan informasi tim Satgas COVID-19 di Jatim, masih ada keterbatasan untuk deteksi mutasi B117-UK dikarenakan alat sequencing yang masih terbatas.

Kedepannya Pemprov Jatim akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat, sekaligus dengan tim Pengawasan Mutasi Genetik atau Genomic Surveillance dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) untuk terus mengirimkan sampel sehingga mutasi virus Corona bisa dideteksi lebih cepat.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat, dan tim dari Kemenkes. Agar mereka bisa terus mengirimkan sampel sehingga mutasi virus COVID-19 bisa kita deteksi dengan cepat," pungkas Khofifah.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono telah mengumumkan penemuan mutasi virus Corona B117-UK di Indonesia pada hari Selasa 2 Maret 2021 melalui kanal YouTube Kemenristek/BRIN.

Penemuan itu, didapatkan dari hasil sequencing sampel di antaranya dari Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta juga dari Jawa Timur. Lebih lanjut, diketahui mutasi virus tersebut ditemukan di Karawang, dari pasien yang memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga