Jelang Tes Wawancara Calon PPS di Muna Barat Wajib Tahu Kepemiluan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 17 Januari 2023
0 dilihat
Jelang Tes Wawancara Calon PPS di Muna Barat Wajib Tahu Kepemiluan
Ketua KPU Muna Barat, Awaluddin Usa menekankan pentingnya pengetahuan kepemiluan pada calon PPS. Foto: Facebook Awaluddin (Awaluddin Usa)

" Calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) wajib memiliki pengetahuan terkait kepemiluan dan komitmen terhadap KPU. Diketahui, KPU Muna Barat telah mengumumkan hasil seleksi tertulis berbasis CAT bagi calon anggota PPS "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) wajib memiliki pengetahuan terkait kepemiluan dan komitmen terhadap KPU. Diketahui, KPU Muna Barat telah mengumumkan hasil seleksi tertulis berbasis CAT bagi calon anggota PPS.

Ketua KPU Muna Barat, Awaluddin Usa mengatakan, pada pengumuman itu diumumkan tiga kali kebutuhan sesuai dengan petunjuk teknis Nomor 534 Tahun 2022 tentang Pembentukan Badan Adhock dan tata kerjanya, menyatakan untuk hasil seleksi ujian tertulis paling banyak diumumkan lolos tiga kali kebutuhan.

"Sehingga kita umumkan tiga kali kebutuhan," ungkap Awal, Selasa (17/1/2023).

Selanjutnya, pihak KPU Muna Barat akan melaksanakan tes wawancara selama tiga hari yakni 18-20 Januari 2023, bertempat di KPU Muna Barat. Untuk materi wawancara, KPU menggali terkait pengetahuan kepemiluan, integritas, serta komitmen para calon anggota PPS.

Baca Juga: 952 Calon PPS di Muna Barat Berebut 258 Kuota

Awal menjelaskan pentingnya pengetahuan kepemiluan bagi para calon, sebab setelah ditetapkan sebagai anggota PPS, ke depannya langsung bekerja, dimulai dengan pemutakhiran data pemilu, sehingga pengetahun pemilu menjadi hal utama yang perlu diketahui.

"Nanti dari sembilan orang yang akan diumumkan hanya tiga orang sesuai dengan kebutuhannya tiap desa, kemudian tiga orang untuk calon pengganti atau PAW, serta sisa tiga orang dinyatakan tidak lulus," bebernya.

Sedangkan penilaian berdasarkan perankingan sehingga masuk dalam urutan sembilan besar, nantinya nilai yang diinput oleh para komisioner setelah melakukan wawancara, akan diputuskan urutan tiga besar sebagai anggota PPS.

"Dalam juknis menyatakan jika ada nilai yang sama maka urutan terakhir tetap diakomodir," urainya.

Baca Juga: Pemuda Segudang Prestasi Ini Dinilai Kurang Mendapat Perhatian Pemda Muna Barat

Sementara itu, Ketua Bawaslu Muna Barat, Ishak mengatakan, selama proses seleksi tertulis melalui sistem CAT, telah berjalan sebagaimana mestinya, walaupun dalam proses pelaksanaan ada sedikit masalah  yang dihadapi atau kejadian khusus tidak luput dari pantauan pihaknya.

"Seperti pada hari pertama, sesi pertama  ada sedikit trouble sehingga bergeser pada sesi selanjutnya, kemudian terkait gangguan listrik menjadi pantauan kami dan bisa dikendalikan pihak KPU," ungkap Ishak.

Selanjutnya, terkait kondisi ruangan dan kenyamanan dan keamanan peserta seleksi tertulis terlihat sangat baik, pasalnya pihak KPU tidak memadatkan ruangan sehingga tidak mempengaruhi suasana selama proses tes tertulis. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga