Kades di Butur Dilapor Polisi Soal Dugaan Korupsi Anggaran Dana Desa

Aris, telisik indonesia
Rabu, 09 Februari 2022
0 dilihat
Kades di Butur Dilapor Polisi Soal Dugaan Korupsi Anggaran Dana Desa
Warga saat melaporkan Kades di Butur soal dugaan tindak pidana korupsi anggaran dana desa. Foto: Ist

" Kegiatan-kegiatan apa yang anggaran dana desa itu yang saya manipulasi atau mungkin yang saya tidak anggarkan "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Kepala Desa (Kades) Tri Wacu-Wacu, Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara (Butur), Hasrimin dilaporkan ke Polres setempat atas dugaan tindak pidana korupsi.

Muji Satrio (59) yang melaporkan Kades tersebut, karena diduga merugikan keuangan negara atas penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) sejak 2017 hingga 2020. Dia melaporkan Kades tersebut pada Senin (7/2/2022).

"Iya. Salah satunya air bersih yang tidak jalan dari tahun 2017 hingga sekarang. Kegiatan yang lain kami duga markup," ujar Muji, Rabu (9/2/2022).

Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Butur, Iptu Sunarton, membenarkan laporan warga terkait dugaan tindak pidana korupsi tersebut.

Baca Juga: Tukar Paket Sabu dengan Borgol, Sopir Ini Malah Bengong

"Ada laporan aduan dari masyarakat, sudah kami terima, kami tindak lanjuti aduan dari masyarakat," kata Sunarton saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Sementara itu Kades Tri Wacu-Wacu, Hasrimin mengaku, sudah mendengar informasi laporan tersebut.

Baca Juga: Sering Transaksi Narkoba, Polres Baubau Tangkap 2 Pengedar Sabu

"Jadi kalau persoalan itu nanti kita lihat, kegiatan-kegiatan apa yang anggaran dana desa itu yang saya manipulasi atau mungkin yang saya tidak anggarkan," kata Hasrimin saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Hasrimin mengaku, setelah dia melihat laporan yang ada, dia sudah mengumpulkan para aparatnya untuk mengetahui anggaran-anggaran apa dari 2017 yang dibelanjakan dan yang tidak dibelanjakan oleh pihak Pemerintah Desa Tri Wacu-Wacu.

"Namanya juga ada laporan pasti ditanggapi kan. Saya juga tinggal menunggu panggilan ini, kalau memang sudah ada panggilan saya akan ikuti panggilan itu," ujar Hasrimin. (A)

Reporter: Aris

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga