Kadis Ketahanan Pangan dan Holtikultura Rajali Diduga Pungli Disoal

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Selasa, 04 April 2023
0 dilihat
Kadis Ketahanan Pangan dan Holtikultura Rajali Diduga Pungli Disoal
Massa ketika berdemonstrasi di depan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara terkait dugaan pungli yang terjadi di Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Sumatera Utara. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Kesatuan mahasiswa peduli transparan Sumatera Utara (KMPT-SU) berdemonstrasi di depan gedung Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Jalan Abdul Haris Nasution, Medan Selasa (4/4/2023) petang "

MEDAN, TELISIK.ID - Kesatuan mahasiswa peduli transparan Sumatera Utara (KMPT-SU) berdemonstrasi di depan gedung Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Jalan Abdul Haris Nasution, Medan Selasa (4/4/2023) petang.

Sofyandi Lubis pimpinan demo dalam orasinya menyebut, ada dugaan pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Sumatera Utara terhadap perusahaan atau yang menjadi rekanan dari dinas itu.

"Bapak Rajali, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura diduga melakukan pungli terhadap beberapa perusahaan rekanan swasta. Tujuannya agar perusahaan tersebut mendapatkan pekerjaan dari Bapak Rajali," ungkap Sofyandi Lubis.

Baca Juga: Masyarakat Tak Dapat Ganti Rugi Proyek Jalan Tol Medan-Binjai Ngadu ke Polisi

Massa juga menyampaikan, dugaan pungli tersebut sesuai informasi yang dapatkan. Pihak perusahaan mengirimkan uang dengan jumlah bervariasi ke beberapa rekening yang diduga atas perintah Rajali dengan jumlah lebih kurang yang terkumpul sebesar Rp 1,2 miliar.

"Kami meminta pihak penegak hukum mengusut tuntas atas surat yang ditanda tangani oleh Rajali selaku kepala dinas untuk undangan kepada beberapa perusahaan yang dalam isi surat tersebut untuk pembahasan pengadaan pupuk," ucapnya.

Massa juga meminta pihak penegak hukum agar memeriksa Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Sumatera Utara terkait dugaan pungli kepada beberapa perusahaan swasta tersebut.

Baca Juga: Rumah Tua Tjong A Fie Objek Wisata Sejarah Paling Diminati di Medan

"Sangat fantastis jumlahnya, kasus ini harus diungkap. Diusut tuntas. Segera periksa Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara Rajali," terangnya.

Setelah beberapa lama melakukan aksi unjuk rasa, Pihak Kejaksaan Tinggi, Sumatera Utara Bagian Penerangan Hukum M Sihotang menerima aspirasi itu.

"Kami dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara pastinya akan menindaklanjuti aspirasi dari teman teman mahasiswa saat ini. Nantinya, aspirasi ini akan kami sampaikan kepada pimpinan kami," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga