Kakak Beradik Terpaksa Memulung untuk Bantu Ekonomi Keluarga

Tim Telisik, telisik indonesia
Jumat, 04 November 2022
0 dilihat
Kakak Beradik Terpaksa Memulung untuk Bantu Ekonomi Keluarga
Memulung untuk membantu ekonomi keluarga, Rizal dan Ernita tidak malu sama sekali. Foto: Kardi/Telisik

" Membantu orang tua adalah Impian bagi semua anak untuk membahagiakan orang tuanya. Namun, terkadang nasib dan keadaan memaksa seorang anak untuk melakukan apapun untuk kebahagiaan orang tuanya "

KENDARI, TELISIK.ID - Membantu orang tua adalah Impian bagi semua anak untuk membahagiakan orang tuanya. Namun, terkadang nasib dan keadaan memaksa seorang anak untuk melakukan apapun untuk kebahagiaan orang tuanya.

Rizal dan Ernita kakak beradik yang masih bersekolah di bangku sekolah dasar. Rizal di  SDN 20 Kendari dan adiknya di SDN 79 Kendari. Harus membantu kedua orang tuanya untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Rizal dan Ernita usai pulang sekolah harus pergi mencari barang-barang bekas untuk dikumpulkan, tak jarang mereka mendapatkan ejekan dari teman sekolahnya.

"Pernah saya kak di ejek-ejek sama teman sekolah, dibilangkan pemulung-pemulung begitu," ucapnya sambil tersenyum.

Baca Juga: Bantu Orang Tua, Bocah Ini Terpaksa Memulung Sepulang Sekolah

Kakak beradik Rizal dan Ernita memulung biasanya di sekitaran Kantor Telkomsel Kendari, mereka akan istirahat ketika lelah, biasanya ia istirahat di depan Telkom sambil menunggu orang tuanya yang habis pulang kerja.

Kedua orang tuanya bekerja sebagai kuli bangunan dan akan datang pada sore hari membawa gerobak untuk mulung. Mereka pulang biasanya sampai 07.00 Wita.

Mereka tidak malu sama sekali, Meski harus membantu kedua orang tuanya untuk mulung di pinggir jalan. Hasil dari mulung yang dikumpulnya selama 1 Minggu biasanya mereka jual dengan harga Rp 50.000.

"Hasil dari jual barang untuk beli kebutuhan dapur, seperti beli ikan di pasar," ucap Rizal saat ditemui, Jumat (4/11/2022).

Mereka hanya libur memulung pada saat Minggu untuk bermain dengan teman-teman sebayanya.

"Soalnya pengen main juga dengan teman-teman," ucap Rizal.

Walaupun Rizal dan Ernita terlahir sebagai anak pemulung, namun tekad dan semangat memiliki cita-cita yang tinggi sangat kuat.

Baca Juga: Suami Stroke, Ibu Ini Cari Nafkah Bawa Serta Dua Anaknya

"Kalau saya jadi tentara cita-citaku. Kalau saya pengen jadi polwan," ucap Rizal dan Ernita.

Seorang sopir angot yang selalu lewat jalur tersebut mengaku, sering melihat Rizal dan Ernita di area Telkomsel Kendari itu.

"Saya selalu melihat anak-anak itu selalu duduk istirahat di situ (depan kantor Telkomsel)," ucap supir angkot yang selalu ambil penumpang di depan kantor Telkomsel. (A)

Penulis: Kardi

Editor: Kardin

Baca Juga