Kapal Tenggelam di Perairan Tanjung Toronipa 2 Selamat, 1 Hilang

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 27 Agustus 2023
0 dilihat
Kapal Tenggelam di Perairan Tanjung Toronipa 2 Selamat, 1 Hilang
Kapal KM Sinar Cahaya Tenggelam di perairan Tanjung Toronipa, dua selamat, sedangkan satu orang hilang dilanjut pencarian Senin besok. Foto: Ist.

" Kapal KM Sinar Cahaya dilaporkan tenggelam dalam insiden tragis, akibat dihantam ombak di perairan antara Tanjung Toronipa dan Pulau Labengki pada Sabtu (26/8/2023), sekitar pukul 04.00 Wita "

KENDARI, TELISIK.ID - Kapal KM Sinar Cahaya dilaporkan tenggelam dalam insiden tragis, akibat dihantam ombak di perairan antara Tanjung Toronipa dan Pulau Labengki pada Sabtu (26/8/2023), sekitar pukul 04.00 Wita.

Kapal itu membawa tiga awaknya saat kecelakaan terjadi, mengakibatkan kepanikan dan usaha penyelamatan yang cepat.

Kepala KPP Kendari, Muhamad Arafah mengungkapkan, dari tiga orang awak kapal, dua di antaranya berhasil diselamatkan dan saat ini berada di Pulau Labengki.

Baca Juga: Jalan Panjang Hilirisasi Industri Pertambangan, Pahit di Awal Manis di Akhir

Namun, satu orang awak lainnya masih belum ditemukan. Keluarga korban melaporkan insiden ini kepada Basarnas Command Centre (BCC), memicu respon dan operasi penyelamatan yang cepat dari Tim Rescue KPP Kendari.

Tim penyelamat yang menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) segera diberangkatkan untuk melakukan pencarian dan penyisiran di area yang luas. Operasi ini tidaklah mudah karena perairan yang harus diperiksa mencakup hingga 35 NM², dan cuaca dengan gelombang setinggi 1-2 meter serta kecepatan angin antara 7-20 knot menjadi tantangan tersendiri.

Baca Juga: Olahraga Sambil Wisata Kuliner di Eks MTQ Kendari

Kronologi insiden menunjukkan, pada pukul 01.00 Wita, KM Sinar Cahaya dengan tiga orang awaknya berangkat dari Dermaga Kendari menuju perairan Sulawesi Tengah.

Namun, sekitar pukul 04.00 Wita, kapal tersebut terhantam ombak dan tenggelam. Beruntung, dua orang awak berhasil menyelamatkan diri dan berada di pulau Labengki, sementara satu orang awak lainnya masih dalam pencarian.

Hidayat Kasiops Basarnas Kendari, mengkonfirmasi melalui pesan WhatsApp, operasi pencarian akan dilanjutkan besok pagi. Pencarian terhadap satu orang yang masih belum ditemukan ini menjadi prioritas utama dalam upaya penyelamatan ini. (B)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga