Kasus HIV di Kendari Meningkat Didominasi Laki-Laki

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Rabu, 30 November 2022
0 dilihat
Kasus HIV di Kendari Meningkat Didominasi Laki-Laki
Kantor Dinas Kesehatan Kota Kendari bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang yang konsen pada penanganan HIV-AIDS untuk mensosialisasikan bagaimana meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Didominasi oleh laki-laki, kasus HIV-AIDS di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2022 meningkat "

KENDARI, TELISIK.ID - Didominasi oleh laki-laki, kasus HIV-AIDS di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2022 meningkat.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Ellfi mengatakan, jumlah kasus HIV-AIDS dari Januari hingga September 2022 tercatat 200 kasus yang didominasi oleh laki-laki dengan total kasus 179 dan perempuan 21 kasus.

"Kami dari Dinkes Kota Kendari bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang yang konsen pada penanganan HIV-AIDS untuk mensosialisasikan bagaimana meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat terutama pada 8 populasi kunci yang berisiko," ujar Elfi, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: DLH Sulawesi Tenggara Rutin Nilai Peringkat Kerja Perusahaan untuk Jaga Lingkungan

8 populasi kunci ini didekati dan diajak untuk datang ke posko pelayanan kesehatan agar dilakukan pemeriksaan.

Harapannya, ketika 8 populasi kunci melakukan skrining kemudian ditemukan terkonfirmasi positif, setidaknya merek diberikan edukasi konseling agar mereka rutin minum obat. Jika konsumsi obatnya sudah rutin, kemungkinan untuk menularkan ke orang lain bisa lebih dikendalikan.

Baca Juga: Akademisi Konawe Utara Tepis Isu Miring PT Antam

Dia menambahkan, yang paling diutamakan adalah menyebarkan informasi terkait bagaimana untuk tidak masuk dalam kategori bererisiko.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum mengatakan, Dinkes tidak henti-hentinya memberikan edukasi baik kepada masyarakat yang masih bersih ataupun yang sudah terinfeksi dan keluarganya mengenai HIV-AIDS.

"Ada kecenderungan kenaikan dari tahun ke tahun untuk kasus HIV di Kota kendari dan yang memprihatinkan saat ini, kasusnya bergeser dari laki seks laki dan menjadi populasi yang terbesar," ujar Rahminingrum. (B)

Penulis: Wa ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga