adplus-dvertising

Kaya dan Miskin Ternyata Bisa Dilihat dari Wajah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 12 Agustus 2022
484 dilihat
Kaya dan Miskin Ternyata Bisa Dilihat dari Wajah
Ternyata foto datar seseorang bisa memperlihatkan seperti apa status sosial maupun status ekonominya. Ini merupakan penelitian yang dilakukan di Unibersity of Toronto. Foto: Repro Idntimes.com

" Jangan menilai seseorang dari kulit luarnya. Selama ini, kita percaya bahwa kita tak bisa menilai seseorang hanya dari penampilan luarnya saja "

KENDARI, TELISIK.ID - Jangan menilai seseorang dari kulit luarnya. Selama ini, kita percaya bahwa kita tak bisa menilai seseorang hanya dari penampilan luarnya saja. Ternyata hasil riset menunjukkan sebaliknya.

Riset itu membuktikan bahwa wajah seseorang bisa menggambarkan status sosial ekonominya. Penelitian ini kontroversial tapi telah dipatenkan karena terbukti.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, hal ini dikonfirmasi oleh sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Personality and Social Psychology.


"Hubungan antara kesejahteraan dan kelas sosial telah ditunjukkan oleh sejumlah penelitian sebelumnya," kata R. Thora Bjornsdottir, seorang mahasiswa pascasarjana di University of Toronto yang juga penulis studi tersebut.

Berikut ini fakta penelitian terkait kaya dan miskin melalui wajah seseorang seperti dilansir dari idntimes.com dan cnbcindonesia.com, yaitu:

1. Penelitian ini dilakukan oleh para psikolog dari University of Toronto

Mereka menemukan bahwa orang-orang cukup akurat dalam memprediksi apakah seseorang itu kaya atau miskin hanya dengan melihat foto dari wajah berekspresi datar mereka. Kamu juga bisa mencobanya nanti. Penelitian ini dipublikasi dalam Journal of Personality and Social Psychology. Tim dalam proyek ini berkata bahwa ini bisa menjadi alasan kenapa prasangka menyebabkan lingkaran kemiskinan terus berputar.

2. Lebih bahagia

Secara umum, orang yang memiliki uang cenderung hidup lebih bahagia lantaran mereka tidak terlalu cemas dibandingkan dengan orang yang berjuang keras hanya demi memenuhi kebutuhan hidup. Bjornsdottir dan timnya menunjukkan "bahwa perbedaan kesejahteraan ini benar-benar tercermin di wajah orang-orang."

3. Ekspresimu akan menentukan arah komunikasimu dan peluang yang akan kamu dapatkan

Thora Bjornsdottir  selaku pemimpin penelitian menyatakan bahwa hal tersebut mengindikasikan bahwa "sinyal" yang terpancar dari ekspresi wajahmu menyampaikan karakteristik tertentu. Kesan pertama orang lain terhadap ekspresi datar tersebut bisa menjadi objek ramalan sederhana bagi orang lain. Itu akan mempengaruhi interaksimu dan peluang-peluang yang akan kamu dapatkan.

4. Kaya dan miskin nampak dari wajah

Mereka telah melakukan studi dengan memilih subjek foto hitam putih yang terdiri dari 80 foto pria dan 80 foto wanita. Tak ada foto yang menggunakan tato atau tindikan.

Baca Juga: 10 Cara Buat CV Lamaran Kerja Agar Dilirik Perekrut

Semua wajah di foto itu juga menunjukkan ekspresi yang netral. Setengah dari orang di foto-foto itu adalah mereka yang berstatus sebagai masyarakat kelas atas, dan separuh lainnya adalah kelas pekerja.

Foto-foto tersebut kemudian ditunjukkan pada orang lain. Mereka diminta menebak kelas sosial dari masing-masing orang. Hasilnya, sebanyak 68% menjawab dengan benar.

5. Perubahan wajah juga terbentuk dari pola emosi seseorang

Para peneliti lalu melakukan studi lebih lanjut dengan memperbesar fitur wajah. Mereka menemukan subjek masih bisa menebak dengan benar ketika mereka hanya melihat mata dan mulut.

Para peneliti menyimpulkan hal ini kemungkinan terjadi karena pola emosi dapat terlihat di wajah seseorang dari waktu ke waktu. Kontraksi otot-otot tertentu dapat menyebabkan perubahan struktur wajah yang dapat dilihat orang lain.

6. Cara untuk menghindarkan diri dari terbacanya status sosial atau ekonomi

Walaupun begitu, ada cara mengakalinya kok. Penelitian ini menyatakan bahwa persepsi kelas sosial seseorang itu lebih bisa ditebak hanya jika wajahnya tetap netral dan berekspresi datar.

Ketika selanjutnya mereka memunculkan ekspresi, seperti senyum atau kesal, orang akan susah menebaknya kok. Kamu bisa melakukannya jika gak ingin seseorang bersikap seenaknya hanya berdasarkan mereka menganggapmu kaya atau miskin

7. Penilaian itu bisa dilakukan karena kebiasan umum kita yang akhirnya terhubung ke ekspresi alami kita.

Baca Juga: Jangan Konsumsi Makanan Ini Saat Hendak Berhubungan Intim

Para peneliti memperdebatkan bahwa kemampuan ini bisa jadi memungkinkan karena kebiasan rutin seseorang yang akhirnya terhubung dengan ekspresi netral/datarnya. Jika seorang memiliki hidup yang nyaman dan memuaskan, maka akan terpancar dari wajah ekspresi datarnya

8.  Ternyata melihat status ekonomi seseorang bisa dilihat dari wajah datarnya

Nicholas Rule selaku profesor muda penelitian ini menjelaskan bahwa yang terlihat di atas adalah dewasa muda berusia 18-22 tahun yang sudah mendapatkan cukup pengalaman hidup, yang memungkinkan merubah ekspresi wajah datar mereka.

Sehingga kamu sudah bisa menilai kelompok mana yang termasuk lebih miskin dari rata-rata dan kelompok mana yang lebih kaya dari rata-rata. Ya, kelompok A dan C adalah kelompok kaya di atas rata-rata, sedangkan kelompok B dan D adalah kelompok miskin di bawah rata-rata. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga