Kebersihan Makanan di Pelabuhan dan Bandara Minim, Pemerintah Lakukan Ini

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 22 Maret 2023
0 dilihat
Kebersihan Makanan di Pelabuhan dan Bandara Minim, Pemerintah Lakukan Ini
Peserta sosialisasi hygiene sanitasi penjamah makanan di pelabuhan dan bandara. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Kendari memberikan edukasi kepada mitra usaha terkait higiene sanitasi penjamah makanan "

KENDARI, TELISIK.ID - Kesadaran masyarakat dalam menyediakan jajanan yang aman dan sehat terutama di pelabuhan dan bandara, masih minim.

Mulai dari kebersihan bahan pangan, tempat pengolahan, hingga kebersihan penjamah makanan saat menyediakan jajanan.

Karena itu, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Kendari melakukan Sosialisasi dan Koordinasi Hygiene Sanitasi Tempat Pengolahan Pangan, yang diikuti masyarakat (pelaku usaha), agar mereka bisa menyediakan pangan yang aman dan sehat.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Kendari, dr.  Laode M Hajar Dony mengatakan, kegiatan ini memberikan edukasi kepada mitra usaha terkait higiene sanitasi penjamah makanan agar kebersihan makanan dan minuman yang disediakan di area pelabuhan dan bandara senantiasa terjaga.

Baca Juga: Jawa Timur Bentuk Posko Pengaduan Makanan Mengandung Nitrogen Cair Ciki Ngebul

"Pelaku-pelaku usaha secara bersama-sama harus menjaga dan meningkatkan hyigene sanitasi pangan di pelabuhan dan bandara," bebernya, Selasa (21/3/2023).

Pengawasan pangan di pelabuhan dan bandara selama ini telah dilakukan setiap bulan. Prioritas faktor yang dijaga dari KKP Kelas II Kendari adalah peraturan pangan, kebersihan dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Ini Picu Asam Lambung Naik saat Puasa

Sosialisasi yang diikuti otoritas pelabuhan dan bandara Kota Kendari, Baubau, Pomalaa, Kolaka, Wanci, dan pihak kecamatan serta stakeholder terkait ini diharapkan semakin memberikan pemahaman kepada penjamah makanan agar memenuhi syarat-syarat yang diberlakukan dalam menjalankan usaha jajanan makanan, khususnya di pelabuhan dan bandara.

Dikutip dari Morowalikab.go.id, hygiene sanitasi pengolahan pangan, salah satunya adalah sarana tempat pengelolaan makanan. Karena menyediakan makanan dan minuman secara massal bagi masyarakat perlu dilakukan pengawasan.

Selain itu, penjual makanan juga diharapkan mengikuti aturan sesuai dengan standar kesehatan dan persyaratan higiene sanitasi yang telah diatur pemerintah. Tentu saja perlu adanya pemahaman sehingga menghindarkan efek buruk makanan yang tak sehat pada kesehatan konsumen. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga