Kebiasaan Ini Bisa Bikin Vacuum Cleaner Cepat Rusak

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 07 Juni 2023
0 dilihat
Kebiasaan Ini Bisa Bikin Vacuum Cleaner Cepat Rusak
Jangan asal menggunakan vacuum cleaner. Ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan namun justru bisa membuat vacuum cleaner cepat rusak. Foto: Grid.id

" Vacuum cleaner, merupakan salah satu peralatan elektronik yang membantu meringankan pekerjaan membersihkan rumah. Vacuum cleaner biasanya digunakan untuk menghilangkan debu "

KENDARI, TELISIK.ID - Vacuum cleaner, merupakan salah satu peralatan elektronik yang membantu meringankan pekerjaan membersihkan rumah. Vacuum cleaner biasanya digunakan untuk menghilangkan debu.

Corong vacuum cleaner punya beberapa bentuk yang bisa digunakan untuk membersihkan lantai, karpet, sofa, serta mobil. Ada beragam kebiasaan yang bisa merusak vacum cleaner

Berikut ini kebiasaan buruk yang bisa bikin vacuum cleaner cepat rusak dilansir dari Kompas.com dan Haibunda.com:

1. Mengisap Benda Keras

Saat menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan rumah, pastikan kamu tidak menyedot benda-benda keras berukuran kecil, seperti sekrup, batu, pasir, dan pecahan kaca. Benda keras ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada bagian dalam mesin, bahkan tersangkut di area yang sulit dilepas.

Baca Juga: Intip Warna Cat Bisa Bantu Konsentrasi Belajar di Kamar

Tentu saja kebiasaan mengisap benda keras akan merusak vacuum cleaner. Jadi, lebih baik bersihkan dulu benda yang keras sebelum menggunakan vacuum cleaner.

2. Tidak menghilangkan sumbatan

Lakukan pemeriksaan visual cepat untuk sumbatan pada selang dan tongkat setelah setiap kali Anda menggunakan vacum cleaner. Membuka sumbatan selang tidak hanya meningkatkan daya isap, tetapi juga dapat membantu vacum cleaner bekerja lebih efisien dan bertahan lebih lama.

Jika Anda tidak dapat menjangkau puing-puing yang macet dengan tangan, gunakan gagang pel atau sapu untuk mendorongnya.

3. Tidak melilitkan kabel setelah selesai digunakan

Sangat mudah untuk menjadi malas dan membiarkan kabel vacuum cleaner terinjak oleh keluarga dan hewan peliharaan. Akan tetapi, dengan melilitkan kabelnya menjadi gulungan yang rapi setelah menyedot debu, Anda dapat mencegah kerusakan, sekaligus menghindari potensi bahaya termasuk sengatan listrik untuk hewan peliharaan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Keranjang Pakaian Kotor Terbaik, Pilih Sesuai Kebutuhan dan Selera

4. Membersihkan cairan

Tidak semua vacuum cleaner dapat digunakan untuk membersihkan cairan di atas lantai. Untuk itu, pastikan vacuum cleaner kamu memiliki fitur yang dapat mengangkat kotoran basah. Kamu bisa membeli vacuum cleaner yang dilengkapi dengan fitur pel lantai. Jika tidak ada fitur tersebut, kamu bisa saja tersengat aliran listrik dan merusak vacum cleaner.

5. Tidak mengganti atau mengosongkan tabung atau kantong vacuum cleaner

Apakah vacuum cleaner menggunakan tas, tabung, atau cangkir, unit yang terlalu penuh akan bekerja kurang efisien dan tidak bertahan lama.

Meskipun mudah untuk mengetahui kapan vacuum cleaner tanpa kantong sudah penuh, akan lebih sulit untuk mengetahui kapan kantong vacum cleaner perlu diganti. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga