Kebijakan Pj Bupati Muna Barat Kerap Disoroti, Jubir Maklumi Sedang Cari Panggung

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 14 September 2022
0 dilihat
Kebijakan Pj Bupati Muna Barat Kerap Disoroti, Jubir Maklumi Sedang Cari Panggung
Pj Bupati Muna Barat, Bahri dan Jubir Pemkab, Muhamad Fajar Fariki. Foto: Ist

" Pj Bupati Muna Barat, Bahri terus digoyang oleh oknum-oknum yang belum move on. Kebijakan Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu kerap disoroti oleh para pemerhati 'dadakan' mulai dari lokasi lahan pembangunan rumah jabatan, ganti rugi lahan perkantoran, lelang proyek dan penataan birokrasi "

MUBAR, TELISIK.ID - Pj Bupati Muna Barat, Bahri terus digoyang oleh oknum-oknum yang belum move on. Kebijakan Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu kerap disoroti oleh para pemerhati 'dadakan' mulai dari lokasi lahan pembangunan rumah jabatan, ganti rugi lahan perkantoran, lelang proyek dan penataan birokrasi.

Jubir Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat, Muhamad Fajar Fariki memaklumi kritikan para pemerhati itu, sebagai ajang mencari panggung dan perhatian, walaupun sebenarnya pandangannya terlalu subjektif dan kurang rasional.

"Kita maklumilah, kritikan-kritikan itu. Tetapi, bila mengkritik harus punya ilmu juga agar rasional dan memiliki nilai edukasi sehingga tidak lahir suatu stigma atau label defisit kecerdasan," kata Fajar, Rabu (14/9/2022).

Mantan Kabag Humas Pemkab Muna itu menyayangkan, permerhati muncul tiba-tiba saat Muna Barat dipimpin Pj Bupati, Bahri. Lantas jadi pertanyaan, 8 tahun terakhir, tak satupun yang kelihatan untuk mempersolakan banyaknya pejabat di non job, persoalan pembangunan infrastruktur dan obat-obatan kadaluarsa.

Baca Juga: Pejabat Kementerian Agama Deli Serdang Terancam Dicopot, Ini Sebabnya

"Saya harap teman-teman pemerhati harus adil dalam memberi presepsi," pintanya.

Bicara kebijakan yang dilakukan Pj bupati, semua berpatokan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pj bupati, kata dia, membenahi Bumi Laworoku, bukan karena selera, melainkan sesuai kebutuhan masyarakat.

"Kehadiran Pj bupati berkah bagi daerah. Kebijakannya berpihak pada masyarakat. Bila ada yang tidak senang, mereka-merekalah yang belum move on," ungkapnya.

Dalam kurun waktu tiga bulan, menurut Sekretaris Dinas Kominfo itu, Pj bupati telah banyak membawa perubahan. Contohnya, birokrasi, telah dilakukan penataan yang telah mengakhiri kegaduhan selama ini. Kemudian pula, yang harus diapresiasi adalah ketika Pj bupati menaikan TPP ASN yang hampir 300 persen.

Nah, persolan masih banyaknya ASN yang malas, bukan berarti kegagalan Pj bupati dalam melakukan pembinaan. Itu semua, kembali pada diri ASN sendiri.

Baca Juga: Pengadaan ASN 2022, Bupati Konawe: Kabar Baik untuk Warga

"Pak Pj bupati tidak tinggal diam melihat kedispilinan ASN. Dalam waktu dekat, beliau sudah memberlakukan absensi berbasis android, jadi bagi ASN yang malas, selain TPP-nya dipotong, juga akan diberi sanksi sesuai aturan kepegawaian," terangnya.

Sementara itu, Pj Bupati, Bahri enggan menanggapi kritikan-kritikan yang tidak bermanfaat. Ia hanya fokus bagaimana membangun daerah dan meningkat perekonomian masyarakat.

"Saya tidak alergi kritik. Bagi saya kritikan itu penting untuk mengontrol jalannya pemerintahan dan pembangunan, tetapi, kritikannya harus jelas, bukan asal-asalan," singkatnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga