Kelurahan Gunung Jati Kota Kendari Komitmen Tangani dan Cegah Stunting

Siti Nabila, telisik indonesia
Rabu, 11 September 2024
0 dilihat
Kelurahan Gunung Jati Kota Kendari Komitmen Tangani dan Cegah Stunting
Antusias warga Kelurahan Gunung Jati ikut program intervensi stunting di Balai Kelurahan. Foto: ist

" Kelurahan Gunung Jati, Kecamatan Kandai, Kota Kendari perkuat komitmen untuk menangani dan mencegah stunting. Komitmen ini ditegaskan saat rembuk stunting pada Selasa (10/9/2024) di kelurahan setempat "

KENDARI, TELISIK.ID - Kelurahan Gunung Jati, Kecamatan Kandai, Kota Kendari perkuat komitmen untuk menangani dan mencegah stunting. Komitmen ini ditegaskan saat rembuk stunting pada Selasa (10/9/2024) di kelurahan setempat.

Sekretaris Camat Kendari, Susianti Hafid, mengatakan bahwa rembuk stunting bersifat terpusat dan diinstruksikan langsung dari pemerintah pusat.

“Permasalahan stunting menjadi prioritas pemerintah dikarenakan masalah ini memengaruhi kualitas SDM yakni terhambatnya tumbuh kembang anak, dan lain-lain. Oleh sebab itu, program ini harus dilaksanakan secara terpusat, terpadu, dan terkoordinasi oleh berbagai lintas sektor,” ujarnya Selasa, (10/9/2024).

Warga Kelurahan Gunung Jati saat diberikan pemahaman terkait upaya pencegahan dan penanganan stunting. Foto: ist

 

Baca Juga: Warga Kadia Kota Kendari Dibekali Pemahaman dan Penanganan Stunting

Dalam penanganan dan pencegahan stunting, menurut Susianti, diperlukan sinergitas antara pemerintah dan masyarakat.

Kata Susi, peran masyarakat dalam pencegahan stunting dapat dimulai dari ibu, seperti bagi ibu yang sedang hamil rajin memeriksakan diri ke posyandu secara berkala, dan mengikuti penyuluhan yang dilakukan pengurus PKK tentang olah pangan sehat keluarga.

“Selain itu, rutin mengikuti pelatihan-pelatihan terkait keluarga yang diselenggarakan oleh pengurus PKK. Mencegah stunting dengan disiplin menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat di sekitar lingkungan masyarakat,” jelas Susianti.

Foto bersama setiap peserta dalam program intervensi stunting. Foto: ist

 

Kemudian, kata Susianti, peran pemerintah dalam pencegahan stunting dengan memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA), konseling gizi terpadu, penyediaan sanitasi dan air bersih, perlindungan sosial, dan layanan PAUD yang berkualitas.

“Melakukan pemeriksaan berkala kepada ibu yang hamil, menyediakan ruang menyusui, cuti bersalin, mendukung gerakan masyarakat hidup sehat, dan melakukan penyuluhan bertema kesehatan secara berkala kepada masyarakat,” paparnya.

Baca Juga: Bappeda Sulawesi Tenggara Nilai Pengalokasian Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan Masih Perlu Didorong

Upaya lain yang bisa dilakukan, menurut Susianti, adalah menerapkan kebijakan check-up berkala kepada para ibu hamil, dan memberikan insentif berupa bahan olah pangan yang sehat kepada ibu yang sedang mengandung.

Pemkot Kendari melalui Camat Kandai gandeng warga Kelurahan Gunung Jati laksanakan program rembuk stunting. Foto: ist

 

“Langkah ini diambil pemerintah mulai tingkat kelurahan dengan harapan dapat membangun kapasitas dan komitmen  dalam merencanakan, mengimplementasikan, memantau, dan mengevaluasi intervensi yang terpusat guna mengurangi angka stunting anak,” kata Susianti.

Penyelenggaraan kegiatan rembuk stunting ini dilakukan di Balai Kelurahan Kampung Salo, dengan melibatkan setiap unsur masyarakat di Kelurahan Gunung Jati, Kecamatan Kandai, Kota Kendari. (Adv/C)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga