Kemenkes Luncurkan Tim Nusantara Sehat di Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 10 Juli 2023
0 dilihat
Kemenkes Luncurkan Tim Nusantara Sehat di Muna Barat
Penyambutan terhadap tim Nusantara sehat yang ditempatkan di Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Meningkatkan tenaga kesehatan dari segi jumlah dan jenis, Pemda Muna Barat melalui Dinas Kesehatan minta tenaga kesehatan lewat program nusantara sehat di Kemenkes "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Meningkatkan tenaga kesehatan dari segi jumlah dan jenis, Pemda Muna Barat melalui Dinas Kesehatan minta tenaga kesehatan lewat program nusantara sehat di Kemenkes.

Diketahui, tenaga kesehatan yang berjumlah tujuh orang ditempatkan di Muna Barat melalui program nusantara sehat selama dua tahun oleh Kemenkes.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri bersyukur atas penempatan tim nusantara sehat yang terdiri dari tujuh orang dengan berbeda profesi, yakni dokter umum, dokter gigi, rekam medic, ahli gizi, analis, apoteker, dan kesmas.

Baca Juga: Geger, Warga Muna Barat Temukan Bayi di Teras Rumah

"Saya atas nama Kabupaten Muna Barat mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat, Kemenkes RI," ungkapnya, Senin (10/7/2023).

Bahri katakan, saat ini Pemda Muna Barat tengah meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, maka dibutuhkan tenaga sumber daya manusia (SDM) dari kesehatan.

Terlebih di Puskesmas yang ada di Muna Barat saat ini masih kekurangan dokter umum, dokter gigi, dan lainnya yang menjadi standar pelayanan kesehatan di Puskemas, salah satunya Puskesmas Bero.

Sehingga dengan hadirnya nusantara sehat dan dokter internship beberapa waktu lalu mampu mengisi kekurangan nakes di beberapa Puskesmas.

"Untuk itu, pemerintah daerah segera memberdayakan para nakes tersebut," pungkasnya.

Ia juga menambahkan, akan mengisi formasi dokter umum dan dokter gigi pada CPNS dan CPPPK, sehingga setelah kontrak dua tahun tim nusantara sehat ini dapat mengikuti tes dengan formasi yang telah dibuka oleh pemerintah daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Muna Barat, La Ode Mahajaya mengatakan, program nusantara sehat ini usulan pihaknya ke Kemenkes dalam rangka mengisi kekosongan tenaga kesehatan di beberapa Puskesmas yang ada.

"Kami kan punya data sistem informasi sumber daya kesehatan (SISDK), dan kita petakkan, dibuat data ekstisingnya, kemudian sampaikan ke pusat," ungkapnya.

Baca Juga: Ini Kronologi Bocah Tewas Terlilit Ular Piton di Kabupaten Muna

Kemudian Pemerintah Pusat membuka data locusnya, sehingga yang memenuhi persyaratan dari hasil seleksi ditetapkan mengikuti program nusantara sehata, dan di Muna Barat ditetapkan tujuh kategori tenaga kesehatan.

"Ini telah menjadi tanggung jawab Kemenkes untuk memenuhi kebutuhan tenaga di fasilitas pelayanan kesehatan," tandasnya.

Sementara itu, salah satu peserta tim nusantara sehat, Muhammad Aksen Sultra mengatakan, sebelumnya timnya itu telah dilatih di Jawa Barat dan telah mengikuti seleksi, sehingga akhirnya ditempatkan di Muna Barat.

"Sebelumnya memang kami ikut pelatihan untuk program nusantara sehat ini," singkatnya. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga