Kenapa Seks Itu Enak? Ini Alasannya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 26 Januari 2023
0 dilihat
Kenapa Seks Itu Enak? Ini Alasannya
Hubungan seks menjadi salah satu aktivitas yang paling disukai semua pasangan. Ternyata ada alasan kenapa seks dirasakan begitu nikmat. Foto: Viva.co.id

" Berhubungan seks menjadi aktivitas yang paling disukai oleh setiap pasangan karena menghadirkan kenikmatan duniawi. Hampir semua orang beranggapan bahwa seks itu enak "

KENDARI, TELISIK.ID - Berhubungan seks menjadi aktivitas yang paling disukai oleh setiap pasangan karena menghadirkan kenikmatan duniawi. Hampir semua orang beranggapan bahwa seks itu enak.

Dilansir dari Celebrities.id, ternyata, sains mampu menjelaskan mengapa aktivitas yang juga disebut ena-ena dalam bahasa Gaul kekinian ini mampu menghadirkan kenikmatan bagi yang melakukannya. Ilmuwan pun menjabarkannya dalam empat hal. Penasaran? Berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan ulasannya, Selasa (15/2/2022).

Para ilmuwan mengatakan ada banyak hal yang terjadi di dalam tubuh yang membuat seks terasa menyenangkan.  Perasaan senang ini termasuk dalam serangkaian tahapan fisik dan emosional yang Anda alami saat berhubungan seks atau merasa terangsang.

Baca Juga: Fenomena Devadasi di India: Jadikan Perempuan Budak Seks Berkedok Pemujaan Dewa

Otak adalah organ yang menjadi pusat kesenangan saat berhubungan seks.  Berada dekat secara fisik dengan manusia lain diketahui dapat meningkatkan kadar oksitosin di otak yang membuat Anda merasa bahagia dan aman.

Lalu seperti yang telah disebutkan sebelumnya, apabila dibedah terdapat empat tahap yang membuat seks terasa enak dan menyenangkan yakni sebagai berikut:  

1. Rangsangan (excitement)

Seks melibatkan saraf anda yang ketika tubuh saling bersentuhan, akan ada reaksi dari saraf terlebih di organ-organ vital yang terangsang dan menciptakan excitement dari seks.  

Rangsangan itu berwujud ketegangan otot meningkat (pada pria Mr P mengeras, sementara wanita biasanya di bagian puting), detak jantung dan pernapasan menjadi memburu, kulit memerah, hingga peningkatan kelembaban di vagina dan keluarnya cairan pelumas dari penis pria.

Baca Juga: Wanita Harus Tau 5 Posisi Seks yang Disukai Pria

2. Plateau

Istilah yang jarang diketahui dan termasuk ke dalam siklus ilmiah pada tubuh mengapa seks menjadi nikmat. Setelah terangsang, tubuh akan mulai ‘mendatar’ alias adaptasi dan siap untuk sesi inti dari seks itu sendiri yakni penetrasi.

Ciri-ciri dari Plateau adalah adanya peningkatan yang terjadi sebelumnya seperti detak jantung, napas dan lainnnya akan menjadi lebih terkontrol. Lalu biasanya hal itu mengarah kepada pembengkakan vagina dan perubahan warna pada dinding vagina menjadi ungu tua, serta adanya peningkatan kepekaan terhadap klitoris wanita.

Sementara dilansir dari Jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com, menurut peneliti bercinta dan orgasme merangsang produksi hormon endorfin yang bisa meningkatkan kesenangan. Selain itu, sebuah hormon bernama oksitosin membuat seseorang lebih murah hati pada pasangannya dan membuat tidur lebih tenang. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga