Kepala Dikmudora Kendari Minta Guru Honorer yang Dipecat Sepihak Tak Gembar-gembor di Sosmed

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 25 Januari 2023
0 dilihat
Kepala Dikmudora Kendari Minta Guru Honorer yang Dipecat Sepihak Tak Gembar-gembor di Sosmed
Kepala Dikmudora Kendari, Saemina memutuskan WA Ode Sunartin, guru honorer yang dipecat sepihak untuk dipindah ke sekolah lain. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Wa Ode Sunartin, guru honorer SDN 92 Kendari yang dipecat secara sepihak, kini diutus untuk mengajar kembali di sekolah yang berbeda dari tempat sebelumnya mengajar "

KENDARI, TELISIK.ID - Wa Ode Sunartin, guru honorer SDN 92 Kendari yang dipecat secara sepihak, kini diutus untuk mengajar kembali di sekolah yang berbeda dari tempat sebelumnya mengajar.

Kepala Dinas Kepemudaan, Pendidikan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Saemina mengatakan, pihaknya sudah memutuskan untuk memindahkan Sunartin ke SDN 80 Kendari.

Hal ini menurut Saemina, sesuai dengan hasil rapat dengar pendapat (RDP) saat Sunartin mengadukan nasibnya ke DPRD Kota Kendari. Ia mengatakan, pemindahan tersebut didasarkan karena di SDN 92 Kendari, tempat Sunartin mengajar dahulu, semua kelas slotnya penuh dipegang guru lain. Oleh karena itu pihaknya mencarikan sekolah lain yang masih membutuhkan guru kelas.

Baca Juga: Pemecatan Sepihak Guru Honorer SDN 92 Kendari Berjalan Alot Saat Hearing DPRD

Saemina membeber keputusan tersebut nampaknya tak diindahkan oleh Sunartin, karena saat Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) menghubungi Sunartin via telepon untuk mempertemukan dirinya dengan pihak calon sekolah yang akan diajar, Sunartin tak pernah menanggapi.

Adapun untuk kelanjutan Sunartin dalam pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) menurut Saemima tidak bisa dilanjutkan, hal itu karena Sunartin belum mencapai pendidikan S1 sebagai syarat PPPK.

Saemima mengimbau Sunartin untuk jangan menggembar-gemborkan permasalahannya di media sosial dan fokus untuk melanjutkan pendidikan.

"Selesaikan dulu S1-nya, supaya jangan bola berguling membuat status di media sosial, dari kemarin ditelepon PPTK nda diangkat," ucapnya, Rabu, (25/1/2023).

Baca Juga: Gegara Konflik, Anak Guru Honorer yang Dipecat di Kendari Tak Mau Sekolah Lagi

Ia turut menjawab tentang isu keponakan Kepala SDN 92 Kendari yang menggantikan posisi Sunartin untuk menjadi guru kelas. Saemina mengatakan, guru tersebut bukanlah keponakan dekat, meski masih ada hubungan keluarga dengan kepala sekolah.

Sunartin sebelumnya tidak menyetujui apabila dirinya harus pindah mengajar ke sekolah lain, mengingat 16 tahun hidupnya telah dihabiskan di SDN 92 Kendari.

"Sejujurnya saya tidak menyetujui, 16 tahun waktu saya habis di sana. Kalau orang-orang bilang, seandainya saya ngajar di swasta mungkin sekarang saya sudah banyak uang. Tapi saya korbankan hidupku di sana," katanya. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga