Keunikan Pemandian Air Tawar Loka di Pulau Siompu Buton Selatan, Punya Fosil Tengkorak Perompak La Bolontio

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Minggu, 09 Juli 2023
0 dilihat
Keunikan Pemandian Air Tawar Loka di Pulau Siompu Buton Selatan, Punya Fosil Tengkorak Perompak La Bolontio
Permandian air tawar Loka, Desa Kaimbulawa, Kecamatan Siompu, Buton Selatan. Foto: Sofi Insan Wardani/Telisik

" Wisata permandian air tawar Loka, telah menghipnotis pengunjung karena keindahan dan keunikan alam yang ditawarkan "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Wisata permandian air tawar Loka, telah menghipnotis pengunjung karena keindahan dan keunikan alam yang ditawarkan.

Terletak di Desa Kaimbulawa, Kecamatan Siompu, Kabupaten Buton Selatan. Permandian itu menyuguhkan air yang sangat jernih, tidak ada gelombang dan diteduhi oleh pepohonan rindang di sekitarnya.

Uniknya, sekalipun berbatasan dengan bibir pantai yang dihalangi oleh beberapa bongkahan batu besar, airnya justru terasa tawar. Hal tersebut dikarenakan pada satu titik, tepatnya di bawah pohon besar, keluar mata air tawar yang kemudian masuk kedalam area permandian.

Baca Juga: Ritual Adat Sangka: Tradisi Tolak Bala Ala Masyarakat Desa Kaimbulawa Buton Selatan

Dilansir dari publiksatu.co, di balik keunikan dan keindahan permandian tersebut terdapat bebatuan yang menjadi pagar alami antara kolam permandian dengan laut, ada banyak bebatuan besar yang bisa digunakan sebagai pijakan untuk berpindah ruang pandang ke Laut Flores.

Fosil tengkorak seorang perompak, La Bolontio yang berada di atas tebing permandian Loka. Foto: Sofi Insan Wardani/Telisik

 

“Sekarang sudah ada tangga dan jembatan, jadi mau foto-foto bisa lebih aman. Kalau dulu, harus panjat di tebing,” beber Novita, salah seorang pengunjung wisata permandian Loka, Sabtu (8/7/2023).

Wisata permandian air tawar yang dikelola oleh Pemerintah Desa Kaimbulawa tersebut, masih belum memberlakukan tarif masuk, sehingga masyarakat dan pengunjung bisa mengakses tempat wisata ini tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Selain wisata permandian, daya tarik sejarah dari permandian Loka juga tidak boleh dilewatkan. Di sekitar permandian, terdapat situs sejarah yang menarik yaitu fosil tengkorak La Bolontio.

Di mata masyarakat Buton, La Bolontio dikenal sebagai seorang perompak bajak laut bermata satu yang sangat terkenal, sosoknya yang bengis dan menakutkan bagi siapa saja yang berpapasan langsung dengannya.

Baca Juga: Mengenal Air Terjun Moramo, Salah Satu Wisata Unggulan Sulawesi tenggara

“Menurut cerita, La Bolontio adalah perompak yang kejam yang ingin menguasai wilayah Buton pada zaman dulu, tapi karena perang akhirnya mati terbunuh dengan cara kepalanya di penggal dan inilah fosil tengkorak kepalanya,” tutur salah seorang masyarakat setempat, Ali Putra.

Dengan pesona keindahan air tawar dan daya tarik sejarah fosil tengkorak La Bolontio, permandian Loka Desa Kaimbulawa telah menjadi salah satu wisata yang populer bagi wisatawan yang mencari petualangan alam dan pengetahuan sejarah.

Jika Anda ingin menggabungkan relaksasi dengan eksplorasi sejarah, permandian Loka adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi. (A)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga