Kios Ilegal di Pasar Laino Lolos dari Penertiban

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 25 Juni 2021
0 dilihat
Kios Ilegal di Pasar Laino Lolos dari Penertiban
Kabid Trantib Sat Pol PP Muna, Asgar Arianto menyampaikan ke pedagang untuk membongkar kios. Foto: Sunaryo/Telisik

" Penertiban ratusan kios ilegal di Pasar Sentral Laino yang rencananya akan dilakukan Jumat (25/6/2021), batal terlaksana. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna masih memberi waktu para pedagang untuk membongkar sendiri kiosnya. "

MUNA, TELISIK.ID - Penertiban ratusan kios ilegal di Pasar Sentral Laino yang rencananya akan dilakukan Jumat (25/6/2021), batal terlaksana. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna masih memberi waktu para pedagang untuk membongkar sendiri kiosnya.

"Hanya ditunda. Kios-kios tersebut kalau tidak dibongkar oleh pemiliknya, kita yang akan bongkar paksa," kata Bahtiar Baratu, Kasat Pol PP Muna, Jumat (25/2021).

Kios-kios ilegal itu terletak di bahu jalan, bagian depan dan belakang penjual ikan. Beberapa hari ini telah turun langsung menyampaikan para pedagang agar segera mengosongkan kawasan tersebut dan mengarahkan pindah di lokasi eks kebakaran yang telah ditentukan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perdagin).

"Para pedagang itu jangan besar kepala karena telah lolos dari penertiban. Kami tetap akan kosongkan lokasi itu," tegasnya.

Baca juga: Hasil Review Inspektorat Jadi Syarat Pencairan Pinjaman Pemkab Muna di PT SMI

Baca juga: Kendalikan Pandemi, Protokol Kesehatan Tak Bisa Ditawar

Sementara itu, Kadis Perdagin Muna, La  Ode Darmansyah membenarkan kios-kios itu ilegal. Keberadaan kios-kios itu sangat mengganggu estetika. Karena itu, harus dikosongkan. Apalagi, di lokasi itu akan dijadikan sebagai area bongkar muat barang.

"Semua itu kios ilegal dan tetap harus dipindahkan," ujarnya.

Pedagang yang menempati kios ilegal itu keras kepala. Disperdagin jauh-jauh hari telah melayangkan surat pemberitahuan agar mengosongkan lokasi tersebut. Namun tak juga diindahkan.

"Tinggal menunggu waktu saja (penertiban)," tandasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga