Kisah Eks Persija Silvio Escobar, Hampir Gagal Mualaf Gegara Takut Sunat

Merdiyanto , telisik indonesia
Sabtu, 03 Agustus 2024
0 dilihat
Kisah Eks Persija Silvio Escobar, Hampir Gagal Mualaf Gegara Takut Sunat
Eks pemain Persija Silvio Escobar memutuskan memeluk Islam meski sempat ragu karena takut disunat. Foto: Repro Instagram @perselafc

" Silvio Escobar, eks pemain Persija asal Paraguay, menjadi salah satu pemain asing yang memutuskan masuk Islam atau mualaf meski sempat ragu untuk menjadi mualaf karena takut disunat "

JAKARTA, TELISIK.ID - Silvio Escobar, eks pemain Persija asal Paraguay, menjadi salah satu pemain asing yang memutuskan masuk Islam atau mualaf meski sempat ragu untuk menjadi mualaf karena takut disunat.

Awal mula Silvio Escobar bertemu Islam dan mendapat hidayah saat bermain di klub Persepam Madura United pada 2014 silam. Ajaran dan nilai-nilai tentang Islam didapat Escobar dari asisten pelatih Persepam kala itu, Sumardi, seperti dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id.

Setelah belajar tentang Islam cukup lama, Escobar memutuskan menjadi mualaf pada 2016. Dibalik keputusannya, Escobar sempat mengurungkan niatnya untuk menjadi mualaf lantara takut dikhitan atau disunat.

Namun, setelah mendapat masukan dari temannya bahwa sunat sangat baik untuk kesehatan laki-laki, Escobar pun yakin untuk mengucapkan dua kalimat syahadat dan masuk Islam.

Baca Juga: Dari Atheis hingga Menjadi Imam Masjid karena Suara Adzan, Ini Kisah Mualaf Tom Facchine

Awalnya keputusan Escobar menjadi seorang mualaf dianggap karena wanita yang ia nikahi, Merry Marsita. Mirip-mirip yang dialami Danio Fernando.

Namun Escobar memutuskan menjadi mualaf sebelum menikah dengan wanita asal Betawi tersebut. Masuk Islam sejak 2016, Escobar sampai saat ini masih tetap teguh sebagai umat Muslim.

Dilansir dari Okezone.com, setelah memeluk Islam, Silvio Escobar mengamalkan semua ibadah fardhu, termasuk puasa Ramadhan. Ia mengaku awalnya kesulitan menahan lapar dan haus saat berpuasa.

Meski begitu, pemain asal Paraguay ini akhirnya mulai terbiasa. Ia mulai menikmati dirinya sebagai seorang Muslim.

Selain Silvio Escobar, masih banyak pemain naturalisasi yang memilih memeluk Islam. Seperti Esteban Viscara, Gelandang PSS Sleman yang memilih mualaf setelah menikahi perempuan Indonesia Resti Ayu Ferdina.

Mereka menikah pada 2012 dan dikaruniai satu anak. Esteban menikah saat masih berseragam Semen Padang.

Baca Juga: Seorang Ustaz Dibuat Garuk Kepala, Mualaf Datang ke Masjid dengan Hewan Kurban Ini

Kemudian, Cristian Gonzales, salah satu penyerang ganas di Liga Indonesia yang punya perjalanan spiritual menarik. Ia mengganti keyakinannya dan memeluk agama Islam pada Oktober 2003.

Gonzales memilih menjadi mualaf karena menikah dengan Eva Siregar. Selain menjadi mualaf, pria berdarah Uruguay ini sudah menjadi WNI.

Terakhir ada Diego Michiels, mantan pemain Timnas Indonesia dan sudah menjadi mualaf. Diego menikahi wanita Indonesia bernama Dhea Ananda Simatupang.

Diego Michiels dan Dhea menikah sejak 5 Juli 2019. Ia bahagia dengan keluarga kecilnya bersama Dhea. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga