Kota Baubau Bakal Terapkan Sistem Data Presisi Tahun Depan

Elfinasari, telisik indonesia
Sabtu, 30 September 2023
0 dilihat
Kota Baubau Bakal Terapkan Sistem Data Presisi Tahun Depan
Pj Wali Kota Baubau, Muh. Rasman Manafi mendukung Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto jalankan sistem pemerintahan berbasis data presisi Foto: Ist.

" Sistem Data Desa Presisi (DDP) merupakan sistem data yang memiliki tingkat akurasi dan ketepatan tinggi, untuk menggambarkan kondisi aktual suatu daerah "

BAUBAU, TELISIK.ID - Sistem Data Desa Presisi (DDP) merupakan sistem data yang memiliki tingkat akurasi dan ketepatan tinggi, untuk menggambarkan kondisi aktual suatu daerah. Data tersebut dapat menjadi acuan pembangunan sehingga tepat sasaran.

Dalam Rapat Koordinasi DPRD Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Tingkat I dan II serta Akademisi yang dipimpin Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto, Jumat (29/9/2023), bertempat di ruang pola kantor gubernur membahas upaya mewujudkan Sultra Maju dan Sejahtera Berbasis Data Presisi.

Dalam arahannya, Pj Gubernur meminta dukungan semua pihak untuk menghadirkan data akurat melalui kerja sama dengan akademisi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang sudah memiliki aplikasi Data Desa Presisi (DDP) dan sudah dipergunakan di 13 provinsi di Indonesia. Di Sulawesi Tenggara, program DDP sudah mulai dilakukan di wilayah  Kabupaten Kolaka Utara.

“Terlebih bahwa akademisi yang memiliki pengetahuan ini adalah putra daerah Sultra, mengapa kita tidak memanfaatkan teknologi ini agar program pembangunan dapat diarahkan secara tepat sasaran,” tegas Pj Gubernur Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Bakal Kebut Pembangunan Daerah Pakai Sistem Data Desa Presisi

Baca Juga: IPK Pembangunan Kebudayaan di Kota Baubau Belum Capai Target Nasional

Merespons arahan Pj Gubernur, Pj Wali Kota Baubau Muh. Rasman Manafi, menyatakan pihaknya menyambut baik dan akan segera menindaklanjuti. Aplikasi DDP dianggap mampu memberikan data akurat dan sangat bermanfaat dalam proses pengambilan keputusan.

“Kami sepakat dengan Pj. Gubernur karena hal ini adalah basis kebijakan pembangunan. Insya Allah Kota Baubau akan segera mengaplikasikan DDP seperti halnya kota dan kabupaten lainnya di Sultra di tahun 2024,” jelas Pj. Walikota Baubau.

Ditambahkan, saat ini Pemerintah Kota Baubau fokus pada 8 (delapan) kegiatan percepatan penanganan kondisi daerah sesuai arahan Presiden RI yaitu pengendalian inflasi, penurunan kemiskinan ekstrem, penurunan stunting, percepatan izin investasi, peningkatan penggunaan produk dalam negeri, optimalisasi potensi daerah, penyelenggaraan Pemilu 2024 dan kondusifitas daerah serta antisipasi konflik. (C)

Penulis: Elfinasari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga