KPI Ajak Orangtua Dampingi Anak Nonton Televisi

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Sabtu, 29 Agustus 2020
0 dilihat
KPI Ajak Orangtua Dampingi Anak Nonton Televisi
Komisioner KPI Pusat, Nuning Rodiyah. Foto: Ist.

" Kami juga meminta kepada orang tua untuk melakukan pendampingan kepada anak saat menonton televisi. "

SURABAYA,TELISIK.ID - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengajak para orang tua untuk sebisa mungkin menyempatkan waktu mendampingi anak ketika menyaksikan siaran televisi.

Peran orang tua sangat krusial  memberi pemahaman terhadap anak ketika tayangan yang ditonton tidak sesuai dengan klasifikasi usia dan perkembangan mereka.

Menurut  Komisioner KPI Pusat Nuning Rodiyah, perhatian orang tua terhadap anak makin penting pada saat sekarang di tengah pandemi COVID-19 yang menyebabkan anak harus belajar di rumah, sehingga secara tidak langsung menambah waktu mereka menikmati siaran televisi.

“Sayangnya, siaran televisi tidak semuanya diperuntukkan bagi mereka karena terdiri atas berbagai klasifikasi program acara. Dan anak-anak ini menonton TV hampir sepanjang hari. Jadi jelas butuh pendampingan dari orang tua agar mereka tidak salah menonton tayangan,” tegas Komisioner Bidang Kelembagaan ini saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Sabtu (29/8/2020).

Baca juga: Nasib Komisioner KPU Nias Selatan Ditentukan Dua Pekan Lagi

Dikatakan Nuning, berdasarkan data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), disebutkan bahwa sejak masa pandemi dan anak harus belajar dari rumah, kegiatan yang paling banyak dilakukan anak selain belajar adalah nonton TV dan youtube.

Atas dasar itu, lanjut Nuning, KPI juga meminta kepada seluruh lembaga penyiaran untuk selalu menghadirkan tayangan yang ramah anak. “Kami juga meminta kepada orang tua untuk melakukan pendampingan kepada anak saat menonton televisi,” ulang Nuning.

Nuning mengajak Kementerian PPPA untuk bersama-sama melakukan literasi secara masif kepada seluruh masyarakat pemirsa televisi dari berbagai kalangan, khususnya orang tua dan anak, agar memiliki kepedulian terhadap asupan informasi anaknya sehingga apa yang diterima  mereka terjamin kualitasnya.

“Kami sangat peduli dengan perlindungan anak dan remaja dalam isi siaran. Karenanya, kami mohon kepada seluruh orang tua untuk sebisa mungkin peduli atas kebutuhan anaknya terutama berkaitan dengan asupan informasi dan hiburan yang mereka tonton di televisi,” tandas Nuning.

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga