adplus-dvertising

Kucing Sering Menggigit Kakimu, Ini Sebabnya

Haidir Muhari, telisik indonesia
Selasa, 08 Juni 2021
8335 dilihat
Kucing Sering Menggigit Kakimu, Ini Sebabnya
Kucing menggigit kaki. Foto: Repro Kompas.com

" Kucing salah satu hewan piaraan yang cukup disukai dan dekat dengan manusia. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kucing salah satu hewan piaraan yang cukup disukai dan dekat dengan manusia.

Tingkah kucing kerap menggemaskan. Mulai dari tidur di dekat tubuh atau mengigit kaki pemiliknya.

Kebiasaan menggigit itu kadang bisa membuat seseorang marah atau malah tambah sayang. Padahal kucing melakukan hal itu bukan tanpa alasan.


Penasaran alasan kucing kerap menggigit kaki pemiliknya? Menurut pakar perilaku kucing Jackson Galaxy yang juga pembawa acara Cat From Hell yang disiarkan di Animal Planet, penyebab utamanya adalah bawaan sebagai hewan pemburu.

"Alasan nomor satu mengapa kucing menggigit kaki Anda adalah karena mereka adalah hewan pemburu," ujarnya seperti dilansir dari Kompas.com.

Baca juga: Akan Punya Warna Baru, iPhone 13 Kini Lebih Variatif

Baca juga: Konten Prank Ternyata Bisa Sebabkan Seseorang Dipidana, Ini Sanksinya

Berikut ulasan lengkapnya seperti melansir dari Liputan6.com, Selasa (8/6/2021).

1. Insting Berburu

Alasan pertama yang membuat kucing kerap menggigit kaki pemiliknya karena merasa bosan. Kucing bisa merasakan bosan.

Hal itu disebabkan oleh insting berburu. Kucing secara alami ingin menangkap sesuatu yang bergerak dari pandangannya. Saat melihat kaki, maka insting berburunya keluar.

2. Bosan

Selain itu, kucing melakukan hal itu untuk menghilangkan rasa bosannya. Dengan tingkahnya itu, kucing akan diperhatikan oleh pemiliknya, direspon atau diajak bermain.

3. Merasa Sakit atau Tidak Nyaman

Dalam keadaan tertentu juga, kucing melakukan itu jika anda sedang beristirahat atau tidur, adalah untuk menyatakan sesuatu. Boleh jadi kucing merasa sakit atau cedera.

Atau juga mungkin ia merasa tidak nyaman dan aman. Kucing ingin dibantu dan menginginkan Anda untuk memeriksanya. Pastikan Anda selalu peka dengan kondisi hewan peliharaan.

4. Agresif

Salah satu alasan kucing suka menggigit kaki karena memiliki perilaku yang agresif. Perilaku agresif pada kucing bisa disebabkan karena masalah sosialisasi yang mereka alami sejak kecil.

Lingkungan tinggal mereka juga menjadi penyebab kucing tersebut merasa stres hingga bersikap agresif. Menggigit kaki menjadi alasan kucing untuk pertahanan diri. Hal itu dilakukan untuk berdamai dengan lingkungannya. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga