Lagi, Lahan Sekitar Rujab Gubernur Sulawesi Tenggara jadi Santapan Jago Merah

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Senin, 23 Oktober 2023
0 dilihat
Lagi, Lahan Sekitar Rujab Gubernur Sulawesi Tenggara jadi Santapan Jago Merah
Lahan kosong di sekitar area Rujab Gubernur Sulawesi Tenggara ludes dilalap api. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Api melalap lahan di Kendari, Senin (23/10/2023), lahan di Area Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulawesi Tenggara hangus terbakar berefek kemarau yang ekstrem "

KENDARI, TELISIK.ID - Api melalap lahan di Kendari, Senin (23/10/2023), lahan di Area Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulawesi Tenggara hangus terbakar berefek kemarau yang ekstrem.

Pantauan langsung Telisik.id di lokasi kejadian, lahan terbuka terpanggang habis. Kebakaran ini melanda Kelurahan Mandonga, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, berdekatan dengan Rujab Gubernur.

Salah seorang saksi mata, Islahudin (29), menceritakan awal kebakaran sekitar pukul 12.00 Wita. "Saat itu, saya sedang istirahat ketika ibu saya tiba-tiba berteriak melihat api. Saya segera keluar dan berusaha memadamkannya, namun air terbatas," ujar Udin.

Baca Juga: Dibangun di Bahu Jalan, Lapak Pedagang di Kelurahan Kadia Ditertibkan

Dengan cepat, Udin menelepon petugas Pemadam Kebakaran (Damkar). "Alhamdulillah, respon Damkar cepat. Mereka datang dan berjuang memadamkan api yang hampir merambah rumah tetangga," tambahnya lega.

Udin menjelaskan, kebakaran berasal dari pembakaran sampah oleh salah seorang warga. "Tetangga mengaku baru membersihkan lahan dan membakar sampahnya. Api dengan cepat menjalar karena angin kencang," ungkapnya.

Baca Juga: Gas Elpiji 3 Kg Langka di Kota Kendari

Pengguna jalan, Humdin, memberikan keterangan saat melintas area tersebut. "Asap tebal membumbung tinggi di sekitar lokasi kebakaran. Saya hampir tidak bisa melihat jalan karena kabut asap yang pekat," ucapnya.

Sebelumnya, Si jago merah juga kembali melalap lahan kosong milik seorang warga di belakang Islamic Center, Kelurahan Kambu Kota Kendari Pukul 13:00 Wita, Minggu (22/10/2022).

Menurut pengakuan salah seorang warga, Marwan, kebakaran tersebut bermula pembakaran sampah saat diadakan kerja bakti, namun masih tersimpan sisa api yang menyebabkan kebakaran. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga