Langganan Banjir, Warga Mengaku Tak Mendapat Perhatian Mantan Wali Kota Sulkarnain

Thamrin Dalby, telisik indonesia
Minggu, 30 Oktober 2022
0 dilihat
Langganan Banjir, Warga Mengaku Tak Mendapat Perhatian Mantan Wali Kota Sulkarnain
Rumah warga yang kebanjiran dan pohon yang menutupi drainase hingga rumah warga selalu kebanjiran. Foto: Thamrin Dalby/Telisik

" Warga mengaku tidak pernah mendapat perhatian dari mantan Wali Kota Sulkarnain Kadir. Warga sudah sering mengajukan permohonan bantuan untuk dibuatkan drainase meskipun darurat, namun hingga saat ini tidak pernah mendapat tanggapan "

KENDARI, TELISIK.ID - Walau hujan sejenak saja, beberapa rumah warga sudah terendam banjir. Hal ini diakibatkan tidak lancarnya drainase yang menuju ke Teluk Kendari.

Beberapa warga di Kelurahan Watu-Watu, Kecamatan Kendari Barat, tepatnya di poros Jalan Ir. H. Alala, terpaksa harus bekerja ekstra menguras air hujan yang meluap, menggenangi rumah mereka.

Mereka mengaku tidak pernah mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Kendari, sejak pemerintahan Wali Kota Sulkarnain Kadir.  Warga sudah sering mengajukan permohonan bantuan untuk dibuatkan drainase meskipun darurat, namun hingga saat ini tidak pernah mendapat tanggapan.

Hal ini diungkapkan oleh Bustamin, salah satu warga yang rumahnya jadi langganan banjir.

Baca Juga: Mahasiswa FPIK UHO Panen dan Jual Benih Ikan Hasil Pembenihan Sendiri

"Sudah lama kami bermohon kepada Pemerintah Kota Kendari, namun hingga saat ini kami tidak pernah mendapat tanggapan, hingga terpaksa kami patungan untuk membuat drainase darurat. Tapi itupun tidak banyak membantu kalau hujannya deras, rumah kami pasti tenggelam," keluh Bustamin.

Dia berharap, dengan pergantian wali kota saat ini, mereka bisa mendapat perhatian, agar tidak kebanjiran lagi saat hujan.

Baca Juga: Gelar Road Race, Rajiun Tumada: Persiapan Porprov 2022

Hal serupa diungkapkan oleh warga lainnya, Alexander. Dia mengaku sudah lama bermohon di Dinas Lingkungan Hidup Kota Kendari agar salah satu pohon yang menghalangi drainase ditebang. Namun hingga saat ini tidak ada kelanjutan, padahal sudah pernah ditinjau.

"Sejak semakin membesarnya ini pohon dan menutupi drainase, beberapa rumah warga di pinggir jalan poros Ir. H.Alala selalu tenggelam karena drainasenya sudah tertutup dengan akar pohon ini," ungkap Alexander sambil memperlihatkan pohon yang berdiri tegak di pinggir jalan.

Dia mengaku hanya bisa pasrah setiap kali rumahnya terendam banjir. Warga di sekitar poros By Pass Jalan Ir. H. Alala berharap agar Pj wali Kota memberikan perhatian, agar warga tak lagi menderita karena banjir. (A)

Penulis: Thamrin Dalby

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga