Layanan Pertanahan di Kota Kendari Luncurkan Sertifikat Elektronik

Nur Fauzia, telisik indonesia
Senin, 10 Juni 2024
0 dilihat
Layanan Pertanahan di Kota Kendari Luncurkan Sertifikat Elektronik
Penyerahan sertifikat elektronik oleh Kepala Pertanahan Nasional Kota Kendari kepada Penjabat Walikota Kendari. Foto: Facebook Kendari kota

" Penjabat Wali Kota Kendari bersama Kakanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulawesi Tenggara dan Kepala Pertanahan Kota Kendari meluncurkan implementasi sertifikat elektronik dalam pelayanan pertanahan di Aula Samaturu Balai Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Penjabat Wali Kota Kendari bersama Kakanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulawesi Tenggara dan Kepala Pertanahan Kota Kendari meluncurkan implementasi sertifikat elektronik dalam pelayanan pertanahan di Aula Samaturu Balai Kota Kendari, Senin (10/6/2024).

Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pertanahan Kota Kendari karena sudah menjawab tantangan perkembangan teknologi saat ini.

"Di tahun 2024 Kementrian ATR/BPN melalui kantor wilayah Sulawesi Tenggara dan kantor pertanahan Kota Kendari akan mengimplementasikan layanan sertifikat elektronik pada layanan pertanahan kantor Pertanahan Kota Kendari," ujarnya.

Kata dia, pesatnya perkembangan era digital di Indonesia memberikan dampak terhadap layanan pertanahan di Indonesia, khususnya di Kota Kendari.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Beberkan Sejumlah Temuan dalam Audit BPK RI

Menurutnya, sertifikat elektronik akan mempermudah proses pendaftaran dan kepemilikan tanah, serta memberikan perlindungan hukum yang lebih baik bagi pemilik tanah.

"Dari dulu hingga saat ini, tanah di Kota Kendari menjadi salah satu aset yang penting bagi kehidupan dan menjadi persoalan besar di Kota Kendari yang terus meningkat sejalan dengan cepatnya pertumbuhan penduduk dan era digital di Indonesia," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah BPN Sulawesi Tenggara, Asep Heri mengungkapkan, Kota Kendari menjadi kota kedua di Sulawesi Tenggara yang menggunakan layanan sertifikat elektronik setelah Kota Baubau.

"Kita sangat bangga kepada Kota Kendari, bahwa Kota Kendari lolos penilaian dari tim penilai internal, tinggal satu langkah lagi nanti penilaian Kemenpan," ujarnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Beber Realisasi Anggaran APBD 2023 dalam Rapat Paripurna DPRD

Asep mengungkapkan, saat ini Kota Kendari memiliki tiga tugas yang sangat berat. Pertama, untuk bagaimana mewujudkan pada 7 Juli seluruh bidang tanah terukur dan terpetakan.

Kedua, Kota Kendari harus memastikan pembangunan zona integritas menjadi lokomotif, kemudian ketiga, untuk bagaimana memberikan pelayanan yang mudah, murah, cepat, tepat dan akurat.

Peluncuran tersebut menandai kolaborasi yang erat antara pemerintah kota dan Badan Pertanahan Nasional menampilkan komitmen mereka untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pelayanan kepada masyarakat.

Pada akhir acara, Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Kendari menyerahkan sertifikat elektronik kepada Pj Wali Kota Kendari. (B)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga