Lobi Ketat Gerindra dan PKB, Golkar Ngotot Usung Duet Prabowo-Airlangga di Pilpres 2024

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 06 Juli 2023
0 dilihat
Lobi Ketat Gerindra dan PKB, Golkar Ngotot Usung Duet Prabowo-Airlangga di Pilpres 2024
Ketua Golkar Jawa Timur, Muhammad Sarmuji, membeberkan upaya yang terus dilakukan agar duet Prabowo-Airlangga terealisasi di Pilpres 2024. Foto: Ist.

" Partai Golkar sampai saat ini masih melakukan komunikasi politik antar parpol, termasuk dengan Gerindra maupun PKB dan partai lainnya "

SURABAYA, TELISIK.ID - Berbagai cara dilakukan parpol untuk bisa menggolkan ketua umumnya sebagai capres ataupun cawapres di Pilpres 2024. Salah satunya dilakukan Partai Golkar agar duet Prabowo-Airlangga di Pilpres 2024 terwujud.

Partai berlambang pohon beringin ini terus melakukan lobi-lobi untuk bisa meloloskan Airlangga Hartarto sebagai bacawapres jika jadi berkoalisi dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), yang dimotori Gerindra dan PKB. Mengingat dalam koalisi tersebut Ketum PKB Muhaimin Iskandar juga berusaha untuk maju sebagai capres atau cawapres dari Prabowo Subianto.

Ketua Golkar Jawa Timur Muhammad Sarmuji mengatakan, sampai saat ini masih melakukan komunikasi politik antar parpol, termasuk dengan Gerindra maupun PKB dan partai lainnya.

"Memang ada sebagian yang menginginkan Golkar bergabung dalam koalisi Gerindra dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dengan harapan dalam komunikasi dan koalisi tersebut ada kecocokan target utamanya. Yaitu menjadikan Ketum Airlangga Hartarto sebagai cawapres," jelasnya, Kamis (6/7/2023).

Baca Juga: Ganjar Pranowo dan Imam Masjid Istiqlal Kompak Tampil Bersama, Duet Pilpres 2024 Menguat

Meski komunikasi terus dilakukan, lanjut Sarmuji, tawar menawar kesepakatan dalam membentuk koalisi tersebut masih belum ada titik temu.

"Karena masih belum ada titik temu, maka sampai saat ini Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto masih tetap Capres Partai Golkar sesuai dengan keputusan rapimnas lalu," tambahnya.

Baca Juga: Puan Maharani Duetkan AHY dengan Ganjar, Demokrat Tegas Capresnya Anies Baswedan

Golkar belakangan diisukan merapat ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang digawangi oleh PKB dan Gerindra.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad pun sempat memberi sinyal Golkar bakal bergabung ke KKIR.

"Kami juga bisa menambah koalisi dengan  beberapa partai, bisa dengan Golkar dan lain-lain," katanya beberapa waktu lalu. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga