Lomba Seni Wujud Pelestarian Budaya Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 07 Agustus 2023
0 dilihat
Lomba Seni Wujud Pelestarian Budaya Muna Barat
Tarian modero, salah satu tari yang diperlombakan untuk melestarikan budaya yang ada di Muna Barat. Foto: Ist.

" Wujud peduli terhadap adat dan budaya setempat, Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat gaungkan lomba seni bagi masyarakat umum "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Wujud peduli terhadap adat dan budaya setempat, Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat gaungkan lomba seni bagi masyarakat umum.

Diketahui, pembukaan lomba seni dilaksanakan di Lapangan Wamelai, Kecamatan Lawa dan turut dihadiri oleh Pj Bupati Muna Barat, seluruh OPD Muna Barat, KNPI Muna Barat, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, dalam konteks beradat bagian dari visi Muna Barat Barakati, ini juga bagian untuk melestarikan budaya yang saat ini jarang ditemui atau dipertunjukkan di tengah masyarakat.

Baca Juga: Dua ASN Ditunjuk jadi Plt Kades di Muna Barat

"Layaknya modero, rambi Wuna, dan lainnya ini hanya ditahu oleh para orang tua, tetapi generasi muda sudah banyak yang tidak mengenal ini," ungkapnya, Senin (7/8/2023).

Untuk itu, ke depannya pemerintah daerah akan memperkenalkan kepada generasi muda dengan mencanangkan lewat kegiatan ekstrakurikuler di tiap sekolah, agar tarian budaya ini tetap dilestarikan.

Sehingga, generasi ke depannya mampu mengenal dan paham betul terkait budaya dan adat yang telah diperkenalkan sejak dulu oleh para generasi tua.

"Mengingat kearifan lokal di Muna Barat ini sangat luar biasa, maka perlu dilestarikan," pungkasnya.

Ia juga berharap agar selama proses perlombaan tetap berjalan dengan aman dan tertib, serta para juri harus menilai sesuai syarat dan kriteria yang telah ditentukan agar nantinya tidak menimbulkan kegaduhan saat proses penilaian.

Baca Juga: Keluhan Warga Soppeng Ditanggapi Cepat Pj Bupati Muna Barat

Sementara itu, koordinator penanggungjawab tari modero, Laode Andi Muna mengatakan, perlombaan modero itu dilaksanakan hingga 13 Agustus 2023.

"Dalam sehari itu penampilan dilaksanakan 4 kali, yaitu dua kali di siang hari dan dua di malam hari," ungkapnya.

Ia mengatakan dari 86 desa atau kelurahan yang ada di Muna Barat, hanya 19 desa atau kelurahan yang mendaftar untuk mengikuti lomba modero. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga