Longsor di Colol Manggarai Timur Telan Korban Jiwa, Satu Orang Diperkirakan Balita

Berto Davids, telisik indonesia
Kamis, 23 Maret 2023
0 dilihat
Longsor di Colol Manggarai Timur Telan Korban Jiwa, Satu Orang Diperkirakan Balita
TNI Polri dibantu warga dan Dinas Bencana Alam Kabupaten Manggarai Timur membuka jalan yang terisolir akibat longsor di Colol Manggarai Timur. Foto: Ist.

" Sepekan terakhir situasi di Colol, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur diguyur hujan lebat dengan intensitas tinggi "

MANGGARAI TIMUR, TELISIK.ID - Sepekan terakhir situasi di Colol, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur diguyur hujan lebat dengan intensitas tinggi.

Hujan tersebut membuat tanah di wilayah itu longsor pada Kamis (23/3/2023). Saat longsor, situasi di lokasi kejadian dalam kondisi cerah.

Dandim Manggarai, Letkol Arh Drian Priyambodo menjelaskan, pihaknya memperoleh informasi dari Babinsa dan masyarakat, ada kejadian tanah longsor di Kecamatan Lamba Leda Timur tepatnya di Colol.

Baca Juga: 981 Tenaga Harian Lepas di Manggarai Timur Tak Dipekerjakan Lagi 2023

Merespon itu, pihaknya langsung terjun ke lokasi dengan mengutus beberapa anggota. Mereka pun dibantu Babinkamtibmas dan warga setempat melakukan pencarian korban

"Pencariannya dilakukan secara manual dengan cara mengali material longsor menggunakan skop dan linggis. Alhasil mereka berhasil mengevakuasi dua orang korban luka berat dari dalam longsoran tersebut," kata Dandim Priyambodo.

Dua orang korban itu, kata dia, masing-masing berumur 9 tahun dan 8 tahun serta satu orangnya lagi diperkirakan balita.

Korban pertama teridentifikasi bernama Yustinus Velandra berusia 9 tahun dan masih duduk di bangku SD. Sementara korban kedua, Chivano Japardi berusia 8 tahun dan masih duduk di bangku SD.

"Korban satunya diperkitakan balita masih dalam proses pencarian" beber Priyambodo.

Sementara itu Kasat Intelkam Polres Manggarai Timur, Iptu Adrianus Gon mengatakan, korban yang meninggal dunia berhasil ditemukan dari dalam longsoran sekitar pukul 14.00 Wita.

Baca Juga: Kasus Terminal Kembur Manggarai Timur Negara Rugi Total Loss, Jaksa Tetapkan 2 Tersangka

Akibat bencana alam tanah longsor tersebut, kata Gon, akses jalan di lokasi kejadian tersebut tertutup total oleh material longsor dan tidak bisa dilewati oleh semua jenis kendaraan.

Saat ini korban meninggal dunia disemayamkan di rumah duka, sementara dua orang luka berat dirawat di Puskesmas Colol, Desa Uluwae, Kecamatan Lamba Leda Timur, Kabupaten Manggarai Timur.

"Kami sedang berada di lokasi kejadian untuk mengamankan lokasi kejadian dan memberikan himbauan kepada masyarakat, untuk waspada terhadap longsor susulan serta menunggu peralatan berat dari Kantor Dinas Bencana Alam Kabupaten Manggarai Timur untuk membuka kembali jalan yang terisolasi tersebut," kata Gon. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga