Lubang Kuburan Jenazah COVID-19 di TPU Kendari Sisa Lima, Petugas Butuh Alat Berat

Musdar, telisik indonesia
Jumat, 12 Februari 2021
0 dilihat
Lubang Kuburan Jenazah COVID-19 di TPU Kendari Sisa Lima, Petugas Butuh Alat Berat
Lubang kuburan untuk jenazah COVID-19 di TPU Punggolaka Kendari tersisa lima. Foto: Repro Warta Ekonomi

" Tapi itu juga lubang sudah mulai tertimbun. Namanya lubang, kalau ditinggalkan seminggu atau dua minggu pasti berumput dan terturun kembali tanahnya. "

KENDARI, TELISIK.ID – Lubang kuburan untuk jenazah COVID-19 di tempat pemakaman umum (TPU) Punggolaka, Kota Kendari nyaris habis.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pemakaman Punggolaka, Kota Kendari, Muhammad Idris mengatakan, dari puluhan lubang yang sudah disediakan di atas lahan seluas 5.000 meter persegi, tinggal tersisa sekitar lima lubang lagi.

“Tapi itu juga lubang sudah mulai tertimbun. Namanya lubang, kalau ditinggalkan seminggu atau dua minggu pasti berumput dan terturun kembali tanahnya” kata Muhammad Idris, Jumat (12/2/2021).

Dengan kondisi tersebut, Idris mengungkapkan bahwa TPU Punggulaka sangat membutuhkan alat berat berupa eskavator dari Dinas PU Kota Kendari untuk menambah lubang sebagai persiapan jenazah COVID-19.

Baca juga: Materai Rp 10.000 Mulai Berlaku, Berikut Nasib Materai Rp 3.000 dan Rp 6.000

“Kemarin kalau tidak salah bulan Januari, saya sudah sampaikan (mengusulkan) secara lisan sama kepala Dinas PU dan akhir bulan ini juga (Januari) ada kepala bidang peralatan. Saya sudah sampaikan tapi mereka juga bilang tunggu, karena belum ada anggaran, ya kami juga tidak bisa memaksa,” ungkap Idris.

Idris menyebutkan, selama COVID-19 menyebar di Kota Kendari, baru dua kali Dinas PU menurunkan eskavator. Pertama untuk menggali sekitar 40 lubang dan kedua menggali sekitar 50 lubang.

Dari lubang yang disediakan, sekitar 80 lubang telah terpakai untuk mengubur jenazah COVID-19 dari Kota Kendari, maupun jenazah rujukan dari luar kendari.

Jika eskavor sudah diturunkan, dari 5.000 meter persegi lahan yang sudah disiapkan masih dapat menambah 20-25 lubang lagi.

Selain Eskavator, TPU Punggolaka juga membutuhkan Buldoser untuk membersihkan 5.000 meter persegi lahan yang juga sudah disediakan untuk jenazah COVID-19. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga