Makanan Sehari-hari yang Mengandung Lemak Trans

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 05 Oktober 2023
0 dilihat
Makanan Sehari-hari yang Mengandung Lemak Trans
Makanan yang kita konsumsi sehari-hari rupanya tak lepas dari makananan yang mengandung lemak trans. Lemak trans merupakan jenis lemak tidak sehat yang ada di dalam beberapa makanan. Foto: Alodokter.com

" Makanan yang kita konsumsi sehari-hari rupanya tak lepas dari makananan yang mengandung lemak trans. Lemak trans merupakan jenis lemak tidak sehat yang ada di dalam beberapa makanan "

KENDARI, TELISIK.ID - Makanan yang kita konsumsi sehari-hari rupanya tak lepas dari makananan yang mengandung lemak trans. Lemak trans merupakan jenis lemak tidak sehat yang ada di dalam beberapa makanan.

DIlansir dari Kompas.com, lemak trans secara alami ada dalam beberapa produk hewani seperti sapi. Lemak trans berasal dari minyak terhidrogenasi parsial atau PHO yang diproduksi secara industri.

Berikut makanan yang mengandung minyak trans di antaranya

Baca Juga: Jangan Asal Buang, Sampah Rumah Tangga Ini juga Limbah Berbahaya

1. Kentang goreng

Kentang goreng merupakan jenis makanan yang mengandung lemak trans karena umumnya di beberapa restoran atau tempat makan cepat saji menggoreng kentang dengan minyak terhidrogenasi parsial.

2. Makanan yang dipanggang

Masih dalam laman Food yang sama, makanan yang dipanggang seperti donat, kue kering, cupcake, atau biskuit merupakan jenis makanan penyumbang lemak trans yang cukup besar.

3. Makanan yang digoreng

Makanan seperti ayam goreng dan kentang goreng. Kadang minyak yang digunakan adalah minyak sayur biasa, namun proses menggoreng dengan temperatur tinggi dapat menyebabkan terbentuknya lemak trans, terutama bila minyak tersebut sudah digunakan berulang kali seperti dilansir dari Alodokter.com.

Baca Juga: Ini 5 Risiko jika Berhubungan Seks di Kamar Mandi

4. Cereal bar

Cereal bar atau sereal batang bisa jadi mengandung minyak terhidrogenasi parsial, gula tambahan, hingga pewarna buatan.

5. Selai kacang

Selai kacang alami yang terbuat dari kacang tanah segar dan sedikit garam mungkin baik untuk dikonsumsi karena mengandung lemak tidak jenuh. Namun, beberapa produsen ada yang menambahkan minyak terhidrogenasi penuh pada selai kacang. Sebaiknya selalu periksa daftar bahan membuat sebelum membelinya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga