Malaysia Dilanda Gelombang Panas, Bagaimana Nasib Indonesia?

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 24 April 2023
0 dilihat
Malaysia Dilanda Gelombang Panas, Bagaimana Nasib Indonesia?
Malaysia mengalami gelombang panas dengan suhu maksimum harian melebihi 37 derajat Celsius selama tiga hari berturut-turut. Foto: Repro Cnnindomesia.com

" Beberapa negara di Asia saat ini mengalami gelombang panas "

KENDARI, TELISIK.ID - Beberapa negara di Asia saat ini mengalami gelombang panas. Di Malaysia, dinyatakan kondisi gelombang panas ketika rata-rata suhu maksimum harian melebihi 37 derajat Celsius selama tiga hari berturut-turut.

Dikutip dari Kompas.com, warga Malaysia merasakan gelombang panas dengan suhu melampaui 37 derajat Celsius. Di Laos, suhu di Luang Prabang mencapai 42,7 derajat Celsius. Ini merupakan rekor terpanas di negara tersebut.

Selama akhir pekan, suhu di Thailand rata-rata mencapai 45 derajat Celsius untuk kali pertama dalam sejarah negara tersebut. Di daerah Bang Na, Bangkok, bahkan suhu sempat mencapai 52,3 derajat Celsius seperti dilansir dari Radarbogor.id.

Cuaca ekstrem yang sedang melanda Malaysia, masyarakat bahkan diminta menggunakan payung atau topi saat beraktivitas dan banyak minum air putih. Warga juga dianjurkan untuk memakai pakaian berwarna terang dan tipis serta mengurangi asupan kafein atau alkohol selama periode ini.

Baca Juga: Sebagian Wilayah di Bumi Akan Alami Gelombang Panas Ektrem

Suhu yang sangat panas juga telah menyebar luas di seluruh Tiongkok. Menurut ahli klimatologi Jim Yang, pada Senin (17/4/2023) lebih dari 100 stasiun cuaca di 12 provinsi memecahkan rekor suhu pada April.

Di seluruh Asia Selatan seperti Pakistan, India, Nepal, dan Bangladesh, semuanya mengalami suhu yang mencapai 40 derajat Celsius selama beberapa hari.

Lalu bagaimana dengan nasib Indonesia?

Prakirawan cuaca BMKG Nurul Izzah Fitria saat memastikan, Indonesia tidak akan terpapar gelombang panas. Menurut dia, gelombang panas terjadi di lintang menengah dan tinggi. ’’Sementara kita berada di lintang tropis,” ujarnya.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Bumi Semakin Panas

Gelombang panas itu biasanya terjadi di Asia Tengah, Amerika, dan Eropa. Sementara, Indonesia berada di ekuator. ’’Selain itu, reliabilitas perubahan cuaca di Indonesia sangat cepat,” bebernya.

Suhu panas di beberapa daerah di Indonesia saat ini terjadi karena gerak semu matahari sedang melewati ekuator. Geraknya dari selatan ke utara. Indonesia masuk pancaroba sehingga akan panas antara Agustus akhir sampai Oktober

’’Dan ini sedang pas di atas Indonesia,” ungkapnya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga