MAN 1 Kendari Dorong Siswanya Ikut Lomba di Perguruan Tinggi se-Indonesia

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Jumat, 12 November 2021
0 dilihat
MAN 1 Kendari Dorong Siswanya Ikut Lomba di Perguruan Tinggi se-Indonesia
Tampak depan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Bukan hanya di sekolah, tapi juga apa saja yang diselenggarakan perguruan tinggi di seluruh wilayah Indonesia, sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih baik "

KENDARI, TELISIK.ID - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari, terus mendorong siswanya untuk terserang mengikuti berbagai perlombaan.

Bukan hanya di sekolah, tapi juga apa saja yang diselenggarakan perguruan tinggi di seluruh wilayah Indonesia, sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

Kepala MAN 1 Kendari, La Tangkalalo mengatakan, siswanya pernah mengikuti lomba karya tulis ilmiah (LKTI) bidang kimia di Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Kita itu selalu mengikuti dan mendapat hasil yang baik. Seperti kemarin ada LKTI bidang kimia di UGM, kita itu masuk 10 besar di seluruh wilayah Indonesia. Kemudian lomba esai writing di UHO, yang seluruh siswa dan mahasiswa digabung, MAN 1 itu juara satu. Kemarin juga ada LKTI bidang kimia di UHO itu juara satu kita," jelasnya.

Baca Juga: Sekolah di Bombana Deklarasi Bebas Miras dan Narkoba

Ia juga mengungkapkan, pihaknya selalu memberikan apresiasi kepada siswa dan siswi yang mengikuti perlombaan.

"Kita selalu memberikan apresiasi, seperti uang tunai supaya mereka semangat, serta transpornya ketika pembinaan kita bayarkan mereka," ujarnya.

Tangkalalo melanjutkan, saat ini MAN 1 Kendari tengah menunggu pengumuman LKTI dari 7000 peserta di wilayah Indonesia dan telah berhasil masuk dalam 15 besar, serta masih menunggu apakah bisa masuk dalam tiga besar nantinya.

"Jadi Kementrian Agama itu, direktur KKSK bekerjasama dengan LIPI untuk menilai penelitian anak-anak dan itu bagus-bagus penelitiannya. Mereka itu kalau kuliah InsyaAllah sudah tidak ada masalah, hebat-hebat. Makanya waktu juara satu LKTI di UHO, itu para penguji dari UHO itu benar-benar memberikan apresiasi," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, MAN 1 Kendari juga mengikuti lomba-lomba yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) seperti Kompetisi Sains Nasional (KSN).

Baca Juga: Tak Dapat Jatah dari Kemendikbud, 700 Siswa di Kota Kendari Terima Bantuan Kuota Internet

Saat ini, kata dia, MAN 1 Kendari ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan MTQ Korpri tingkat nasional.

"Jadi kita diharapkan bisa membantu secara maksimal, agar pelaksanaan MTQ Korpri ini bisa sukses,karena inikan gawean Pemerintah Daerah bekerjasama dengan Kementerian agama. Jadi kita sebagai warga Kemenag mau mensukseskan, jadi kita sebarkan baliho di mana-mana," paparnya.

"Semua madrasa itu memasang baliho untuk meramaikan bahwa ada MTQ tingkat nasional Korpri. Mudah-mudahan dengan MTQ Korpri ini MAN 1 juga itu bisa dikenal oleh para insan Korpri di seluruh wilayah Indonesia. Siapa tau mereka bisa melakukan studi banding di sini karena yang mengikuti MTQ Korpri kebanyakan juga guru itu," tambahnya. (C-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga