Manfaat Rutin Jalan Kaki bagi Kesehatan dan Kecantikan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 29 September 2023
0 dilihat
Manfaat Rutin Jalan Kaki bagi Kesehatan dan Kecantikan
Jalan kaki beberapa menit setelah makan dapat membantu kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil. Foto: Repro Its.ac.id

" Meskipun termasuk olahraga ringan, manfaat jalan kaki bagi kesehatan sangat besar "

KENDARI, TELISIK.ID - Mengonsumsi makanan bergizi merupakan salah satu hal yang dapat Anda terapkan untuk memulai pola hidup sehat. Selain itu, Anda bisa melakukan aktivitas lain seperti jalan kaki di pagi dan sore hari. Meskipun termasuk dalam olahraga ringan, manfaat jalan kaki bagi kesehatan tak boleh disepelekan.

Berikut ini manfaat jalan kaki bagi kesehatan dan kecantikan dilansir dari Kompas.com dan siloamhospital.com:

1. Menjaga berat badan ideal

Manfaat jalan kaki yang pertama yaitu menjaga berat badan ideal. Aktivitas fisik ini melibatkan gerakan tubuh secara keseluruhan sehingga dapat mengoptimalkan proses metabolisme dan pembakaran kalori dalam tubuh. Jalan kaki selama 30 menit setiap hari yang diimbangi dengan pola makan sehat dapat membantu menurunkan risiko obesitas.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Jalan Kaki Setelah Sahur

2. Mengontrol gula darah

Manfaat jalan kaki secara rutin berikutnya adalah mengontrol gula darah. Jalan kaki selama beberapa menit setelah makan diketahui dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil sehingga dapat menurunkan risiko penyakit diabetes.

 3. Mengurangi stres

Stres dapat memengaruhi tampilan kulit, seperti memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini, serta memperparah masalah kesehatan yang dialami, seperti jerawat dan eksim. Melakukan olahraga jalan kaki secara rutin dapat mengurangi stres sehingga kulit akan terlihat lebih sehat.

Baca Juga: 4 Manfaat Jalan Kaki Rutin untuk Kesehatan Mental

4. Menyehatkan kulit

Lancarnya aliran darah di dalam tubuh tidak hanya akan mendukung kesehatan secara umum, namun juga akan menyehatkan kulit. Aliran darah dapat mendukung fungsi sel kulit sehingga akan terlihat lebih sehat dan cerah dibandingkan dengan mereka yang jarang berolahraga.

Manfaat di atas bisa Anda dapatkan ketika olahraga jalan kaki dilakukan secara rutin. Anda juga tidak perlu meluangkan waktu berjam-jam karena manfaat di atas bisa langsung didapatkan meskipun hanya dilakukan selama 10 menit dalam sehari. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga