Masa Pandemi, DPR Dorong Pengawasan Dana Desa Secara Serius

Marwan Azis, telisik indonesia
Kamis, 05 November 2020
0 dilihat
Masa Pandemi, DPR Dorong Pengawasan Dana Desa Secara Serius
Anggota Komisi XI DPR RI, Junaidi Auly. Foto: Ist.

" BPKP diharapkan responsif dalam mengawal pemerintah desa agar dapat melaksanakan siklus pengelolaan keuangan desa secara akuntabel. Apalagi pada masa pandemi ini ruang-ruang pertanggungjawaban dana desa penting untuk diawasi. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Anggota Komisi XI DPR RI, Junaidi Auly mendorong pengawasan dana desa secara serius.

Menurutnya, tujuan pengawasan dalam rangka memastikan semua aktivitas yang terlaksana telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

Junaidi mengatakan, pentingnya peranan BPKP dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan keuangan negara/daerah.

“BPKP diharapkan responsif dalam mengawal pemerintah desa agar dapat melaksanakan siklus pengelolaan keuangan desa secara akuntabel. Apalagi pada masa pandemi ini ruang-ruang pertanggungjawaban dana desa penting untuk diawasi,” ujarnya Junaidi dalam keterangan persnya kepada Telisik.id, Kamis (5/11/2020).

Baca juga: Rizieq Shihab Mau Dijemput, Mahfud MD: Itu Bukan Khomeini

Politisi PKS ini menuturkan, penyaluran dana desa kepada masyarakat dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) memperhatikan tertib administrasi dan ketepatan sasaran.

“Idealnya penerima BLT Desa adalah keluarga miskin atau tidak mampu yang memang belum mendapatkan program bantuan dari Pemerintah Pusat dan/atau Pemerintah Daerah sebelumnya. Untuk itu peran pengawasan penting namun tidak bisa berjalan parsial, harus bersama-sama dan saling mengisi serta mendukung” pungkasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga