Mendagri: Pandemi COVID-19 Ujian bagi Demokrasi Indonesia

Ones Lawolo, telisik indonesia
Jumat, 03 Juli 2020
0 dilihat
Mendagri: Pandemi COVID-19 Ujian bagi Demokrasi Indonesia
Mendagri Tito Karnavian di Medan, Sumatera Utara. Foto: Ones Lawolo/Telisik

" Saya selaku Mendagri mendukung pelaksanaan Pilkada serentak di Sumatera Utara tahun 2020. Meskipun pelaksanaannya di situasi pendemi, tetap harus kita sukseskan dengan mematuhi protokol kesehatan. Karena situasi pandemi ini ujian bagi demokrasi di Indonesia. "

MEDAN, TELISIK.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengakui, pandemi COVID-19 merupakan ujian bagi demokrasi di Indonesia. Namun, tegasnya, pandemi ini tidak boleh mengganggu pelaksanaan Pilkada serentak.

"Saya selaku Mendagri mendukung pelaksanaan Pilkada serentak di Sumatera Utara tahun 2020. Meskipun pelaksanaannya di situasi pendemi, tetap harus kita sukseskan dengan mematuhi protokol kesehatan. Karena situasi pandemi ini ujian bagi demokrasi di Indonesia," ungkap Tito di Medan, Jumat (3/7/2020).

Baca juga: Tri Sutrisno, Legiun Veteran RI dan Purnawirawan TNI AD Suarakan Penolakan RUU HIP

Mendagri pada kunjungan kerjanya di Sumut, dalam rangka meninjau kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak mengungkapkan, Sumatera Utara masih tercatat sebagai zona merah penyebaran COVID-19.

Dia mengatakan, Pilkada yang akan dilaksanakan di tengah-tengah pandemi COVID-19 ini, harus berlangsung sukses dan aman, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pelaksanaan Pilkada di Provinsi Sumatera Utara di bawah pimpinan Gubernur Edy Rahmayadi, diyakini Mendagri, akan aman dan terkendali dari wabah COVID-19.

"Meskipun Sumut zona merah, tapi karena Gubernur Sumut berusaha untuk mengatasi COVID-19 dengan baik, sehingga daerah-daerah zona merah di Sumatera Utara makin berkurang. Dan sekarang sudah menjadi zona hijau," pungkasnya.

Reporter: Ones Lawolo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga