Mendagri Sarankan PTM Sekolah Disesuaikan Rekomendasi Gustu

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Selasa, 04 Agustus 2020
0 dilihat
Mendagri Sarankan PTM Sekolah Disesuaikan Rekomendasi Gustu
Mendagri, Muhammad Tito Karnavian. Foto: Ist.

" Mereka yang tahu persis juga masalahnya, tidak semua daerah yang dilihat zona kuning atau hijau, betul-betul menggambarkan situasi yang terjadi, karena bisa saja di daerah testingnya sangat kuat, sehingga penentuan zona warna ditentukan dari kacamata nasional. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian menyarankan Pertemuan Tatap Muka (PTM) sekolah disesuaikan dengan rekomendasi Gugus Tugas (Gustu).

Meski demikian, diskresi tetap diserahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan daerah masing-masing.

"Mengenai masalah penentuan zona yang diperbolehkan adanya PTM, saran kami agar gugus tugas pusat memberikan rekomendasi secara umum, tapi secara spesifik gugus tugas masing-masing (daerah) yang memberikan rekomendasi, namun diskresinya tetap kepada dinas (pendidikan) daerah masing-masing," kata Mendagri, Selasa (4/8/2020).

Penentuan tersebut didasarkan pada argumen, bahwa gugus tugas atau dinas pendidikan masing-masing daerah lebih mengetahui kondisi wilayahnya.

Baca juga: Muhammadiyah Mundur dari Keikutsertaan POP oleh Kemendikbud

"Mereka yang tahu persis juga masalahnya, tidak semua daerah yang dilihat zona kuning atau hijau, betul-betul menggambarkan situasi yang terjadi, karena bisa saja di daerah testingnya sangat kuat, sehingga penentuan zona warna ditentukan dari kacamata nasional," jelasnya.

Dengan demikian, gugus tugas maupun dinas pendidikan masing-masing memiliki peranan strategis untuk menentukan kebijakan pertemuan tatap muka di sekolah.

"Oleh karena itu gugus tugas daerah dan dinas ini menjadi penting, menjadi kunci untuk penentuan apakah di tempat itu boleh dilakukan pertemuan tatap muka atau tidak," tutupnya.

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga