adplus-dvertising

Mengapa Lebaran Identik dengan Kue? Ini Penjelasannya

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 11 Mei 2021
1381 dilihat
Mengapa Lebaran Identik dengan Kue? Ini Penjelasannya
Sajian kue di hari lebaran. Foto: Repro Idntimes.com

" "

KENDARI, TELISIK.ID - Lebaran bukan hanya menjadi perayaan semata tetapi juga meninggalkan suasana yang selalu dirindukan terutama sajian makanannya.

Selain ketupat dan opor, kue kering juga sering diidentikkan dengan Lebaran. Dilansir kapanlagi.com, berikut penjelasannya:

1. Simbol Perayaan


Di antara banyaknya jenis kue lebaran, kebanyakan mungkin akan menjawab nastar dan kastengel. Siapa sangka kalau keduanya dibawa masuk oleh orang-orang Belanda yang selalu membuatnya di setiap momen perayaan. Kebiasaan ini pun menjadi tradisi yang melekat di masyarakat dan kini kue kering jadi suguhan wajib, bukan hanya saat lebaran tapi juga perayaan lainnya baik Natal maupun Tahun Baru.

2. Mempererat Silaturahmi

Lebaran sering dijadikan momen istimewa untuk berkumpul bersama keluarga atau kerabat yang jarang ditemui. Nggak heran jika tuan rumah akan menyajikan berbagai makanan dalam jumlah yang cukup melimpah, salah satunya kue kering untuk menjamu para tamu yang datang untuk bersilaturahmi.

Baca Juga: Sejarah Sunat: Ritual Agama hingga Hukuman Perang

Dilansir kumparan.com, seorang sejarawan kuliner Universitas Padjadjaran, Fadly Rahman pernah mengungkapkan kalau budaya menyajikan aneka hidangan ini dimulai di awal abad ke-20. Saat hari Lebaran, orang Eropa akan memberikan kue kering pada pribumi yang merayakan, sebaliknya di hari Natal warga pribumi akan mengirimkan makanan pada orang-orang keturunan Eropa.

3. Awet dalam waktu lama

Awalnya, kue kering hanya boleh dinikmati oleh para bangsawan dan baru menyebar ke seluruh dunia lewat pedagang muslim. Baru di abad ke-14, kudapan lezat ini boleh disantap oleh rakyat biasa dan sering dijadikan bekal saat bepergian karena cukup awet disimpan dalam waktu lama.

Alasan ini yang mungkin mendorong banyak orang untuk menyediakan kue kering sebagai salah satu kudapan wajib dalam menjamu para tamu. Pasalnya, libur Lebaran yang cukup panjang sering dimanfaatkan keluarga atau kerabat untuk datang. Dapat disimpan cukup lama di wadah kedap udara, kue kering jadi pilihan kudapan praktis dan hemat biaya.

Baca Juga: Kisah Mualaf Asal Konsel Jalankan Puasa Ramadan Pertama Kali

4. Mendatangkan kehangatan di rumah

Semerbak harum kue kering yang dipanggang di rumah bikin suasana terasa lebih hangat. Walau lebih ribet, proses membuat kue sendiri dijamin menghadirkan kehangatan tersendiri di antara anggota keluarga. Nggak heran kalau kue buatan sendiri seringkali jadi favorit dan sukses bikin siapa pun kangen untuk mencicipinya kembali di momen Lebaran kali ini. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga